Sukses

Makna Cethik Geni dan Adang Sepisan dalam Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina

Liputan6.com, Yogyakarta - Pernikahan putra Bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono yang akan digelar pada Sabtu (10/12/2022) menggunakan adat Jawa. Dalam prosesi penikahan kedua mempelai, akan terdapat sejumlah ritual khas adat Jawa yang akan dilakukan.

Prosesi jelang pernikahan Kaesang dan Erina berlangsung di kediaman calon mempelai perempuan, Mlati, Sleman, sehari sebelum ijab kabul atau Jumat (9/12/2022). Upacara pemasangan bleketepe tuwuhan mengawali semua tahapan pra-pernikahan Kaesang dan Erina pada Jumat pagi (9/12/2022).

Pemasangan bleketepe tuwuhan menjadi simbol ada keluarga yang akan melangsungkan acara pernikahan. Setelah tuwuhan, proses selanjutnya adalah ritual adang sepisan, yakni tuan rumah memasak untuk menjamu para tamu yang datang di hajatan putrinya.

Sedangkan, membuat api pertama kali oleh pemangku hajat ini yang disebut cethik geni. Cethik geni dalam bahasa Jawa berarti menyalakan api, sedangkan adang sepisan berarti menanak nasi (adang) untuk pertama kali.

Secara harfiah, prosesi menyimbolkan keluarga yang memasak nasi untuk pesta pernikahan anak terkasih. Dikutip dari berbagai sumber, prosesi cethik geni adalah menyalakan api untuk memasak nasi pertama kali. 

Prosesi ini biasanya dilakukan untuk anak perempuan yang pertama kali menikah dalam keluarga. Biasanya pemangku hajat akan memasak dalam jumlah besar untuk menjamu semua tamu, keluarga dan panitia pernikahan selama beberapa hari.

Dalam prosesi pernikahan Erina dan Kaesang, nantinya ibunda Erina dibantu Allen, kakak Erina, mulai mengambil dan mencuci beras lalu dimasak menggunakan tungku. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa garasi rumah Erina dihias seperti dapur.

Setelah cethik geni dan adang sepisan, prosesi dilanjutkan dengan meracik air untuk siraman menggunakan air dari tujuh mata air. Nantinya dalam prosesi siraman, Erina akan menjalani prosesi langkahan.

Pasalnya, Erina akan 'melangkahi' kedua kakaknya Allen Gudono dan Nadya Gudono untuk menikah terlebih dahulu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS