Sukses

Ini Daerah Tertua di Indonesia, Sudah Ada Sejak Abad ke-8

Liputan6.com, Klaten - Daerah Ngupit atau Upit disebut-sebut sebagai daerah tertua di Indonesia. Kawasan tertua di Indonesia ini berada di sebuah wilayah sekitar pasar Totogan, yang meliputi dua kecamatan.

Mulai dari Desa Ngawen, Kahuman, Senden, sampai Mranggen di Kecamatan Jatinom Klaten. Dikutip dari laman klatenkab.go.id, Daerah Ngumpit tidak memiliki status administrasi.

Keberadaan wilayah tertua di Indonesia ini tercatat dalam dua prasasti yang ditemukan di Kabupaten Klaten pada waktu berbeda. Pertama, prasasti Yupit 1 ditemukan di halaman Masjid Dusun Sogaten, Desa Ngawen, Kecamatan Klaten Utara pada 1989.

Kemudian, prasasti Yupit 2 ditemukan pada 1991 di Dusun Kauman. Tinggi keseluruhan dua prasasti ini 72-85 sentimeter, tinggi bagian bawah/kaki 27-48,5 sentimeter, lebar dan panjang kaki 25 sentimeter, tinggi bagian atas 36,5-45 sentimeter, dan bagian atas 25 sentimeter.

Kedua prasasti itu dituliskan pada permukaan batu berbentuk lingga. Meski keduanya didapati dalam keadaan rusak, tetapi aksara yang terpahat masih dapat dibaca dengan jelas.

Kedua prasasti itu ditulis menggunakan aksara Jawa kuno dengan isi tulisan yang memiliki kesamaan. Isi prasasti itu umumnya membahas peringatan penetapan sebidang tanah atau suatu daerah sebagai perdikan atau dibebaskan dari kewajiban membayar pajak kepada Belanda pada 11 November 866 Masehi. Daerah itulah yang dikenal sebagai Ngupit.

Lalu, prasasti itu juga diberikan kepada pejabat sebagai anugerah dari raja untuk kepentingan bangunan suci. Di dalamnya terdapat keterangan orang yang menetapkan daerah, macam-macam upacara beserta orang yang melaksanakannya.

Saat ini, Ngupit sudah berumur 1.156 tahun. Sejumlah sesepuh Desa Kauman membeberkan bukti lain terkait Ngubit sebagai kawasan tertua di Indonesia, yaitu beberapa batu candi yang terletak di Makam Padalan.

Bebatuan candi itu awalnya berupa batu berundak. Tapi, setelah diteliti, batu itu ternyata bongkahan kecil dari bebatuan yang tersusun rapi seperti bangunan candi.

Masyarakat setempat justru tidak mengetahui wilayah Ngumpit sebagai kawasan tertua di Indonesia yang sudah ada sejak adab ke-8. Keberada kawasan ini dapat dijumpai dengan melihat sejumlah tanda yang terpampang di sekitar wilayah itu.

Ngupit atau Upit sebagai kawasan tertua di Indonesia kini telah berubah menjadi tempat tukang sunat, bong supit. Aktivitas khitan ini telah berlangsung sejak masa kerajaan Mataram Islam.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.