Sukses

Sering Terabaikan, 5 Profesi Unik Ini Ternyata Punya Peran Penting dalam Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia ini ada banyak sekali profesi atau bidang pekerjaan yang bisa dipilih berdasarkan dari apa yang disukai serta diminati oleh seseorang.

Biasanya pekerjaan tersebut akan dilaksanakan dengan suka hati terutama jika minatnya sesuai dengan apa yang menjadi keahlian bagi seseorang.

Namun, dari banyaknya pekerjaan yang ada saat ini banyak juga pekerjaan yang terbilang sangat unik. Misalnya saja pekerjaan-pekerjaan yang tidak biasa yang dilakukan oleh seseorang dan kita merasa asing dengan pekerjaan tersebut.

Berikut ini adalah lima pekerjaan unik yang ada di sekitar kita yang mungkin kamu juga sempat berpikir aneh.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Daftarnya

1. Dokter Forensik

Dokter forensik mungkin sudah tidak asing terdengar di telinga terutama untuk masyarakat yang sering menonton berita-berita pembunuhan ataupun film-film detektif. Dokter forensik sendiri merupakan sebuah profesi yang berasal dari cabang ilmu kedokteran namun mempunyai fokus yang sangat penting.

Seorang dokter forensik mempunyai tujuan yang biasanya berkaitan dengan hukum atau sistem peradilan pidana. Karena dokter forensik bekerja untuk memeriksa barang bukti medis pada benda-benda biologis manusia yang hidup ataupun yang sudah meninggal dunia untuk dijadikan alat bukti suatu kasus.

2. Penggali Kubur

Meskipun terdengar sepele, tetapi jangan salah, menjadi penggali kubur merupakan salah satu pekerjaan yang ternyata penting dan mulia. Pekerjaan ini adalah untuk membantu seseorang untuk menguburkan jenazah ke dalam liang lahat.

Jika tidak ada tukang gali kubur, kemungkinan masyarakat mengebumikan seseorang yang sudah meninggal akan sulit. Maka dari itu, perannya sangat penting dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

3. Tukang Parkir Pesawat

Meskipun beroperasi di udara, tetapi pesawat juga membutuhkan tukang parkir. Bahkan profesi tukang parkir ini sangat penting terutama untuk pesawat transit di setiap bandara agar bisa parkir dengan lancar dan penerbangan bisa berangkat sesuai waktunya.

Nama lain dari tukang parkir pesawat biasanya disebut sebagai marshaller. Ia akan memberikan komando kepada pilot agar bisa parkir dengan benar setelah mendarat di bandara. Tentu, kehadirannya tidak tiba-tiba seperti tukang parkir di minimarket.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Tukang Sedot WC

Tukang sedot WC merupakan salah satu pekerjaan yang sadar atau tidak, sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, jika WC di rumah mengalami mampet, tentunya tidak bisa sembarang kita benarkan sendiri.

Kita bisa meminta bantuan kepada tukang sedot WC agar bisa memprosesnya dengan benar dan membuat WC di rumah kembali lancar.

Saking pentingnya urusan sedot-menyedot tinja ini, pemerintah setempat menyiapkan fasilitas sedot WC dengan para petugas yang siap siaga datang ke rumah warga begitu mendapat pesanan. Cukup siapkan biaya yang sudah ditetapkan.

5. Ojek Payung

Ojek payung memang terdengar unik karena pekerjaan ini hadir biasanya saat musim hujan dan di lokasi-lokasi yang ramai saja. Istilah ojek payung sendiri berdasarkan dari cara kerja mereka yaitu menyewakan payung kepada orang lain terutama ketika hujan.

Tentu, jarak ojek payung tidak terlalu jauh. Biasanya, mereka hanya mengantarkan ke halte terdekat, tempat parkir, atau ke kendaraan yang dituju orang yang menyewanya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS