Sukses

Covid-19 Kembali Mewabah, Pemda Gorontalo Buka Layanan Vaksinasi Siang Malam

Liputan6.com, Gorontalo - Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali membuka posko terpusat pelayanan vaksinasi Covid-19. Posko berlokasi di gedung Belle Li Mbui, kompleks lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

“Di Belle Li Mbui ini akan kita jadikan pusat vaksinasi. Pelayanan dibuka setiap hari, mulai hari ini sampai 15 Desember 2022,” kata Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Rusli Nusi kepada awak media Rabu (30/11/2022).

Pelayanan vaksinasi Covid-19 di Belle Li Mbui dibuka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita). Kemudian dilanjutkan kembali pada malam hari, mulai pukul 18.00 hingga 21.00 Wita.

“Pelayanan vaksinasi dilaksanakan hingga malam hari. Kami mengajak masyarakat yang belum divaksin dosis satu, dua, dan tiga, bisa datang ke Belle Li Mbui,” ujar Rusli.

Pelaksanaan vaksinasi hari pertama di Belle Li Mbui disambut antusias masyarakat. Dalam waktu dua jam pelayanan, peserta hampir mencapai 100 orang. Kepada warga yang mengikuti vaksinasi, pemerintah Provinsi Gorontalo memberikan beras lima kilogram.

“Kami berharap cakupan vaksinasi khususnya dosis dua dan tiga akan meningkat. Apalagi Bapak Gubernur sudah menginstruksikan untuk menggencarkan vaksinasi guna mencegah penularan COVID-19 sub varian baru omicron XBB,” tandas Rusli.

Data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional hingga 28 November 2022, cakupan vaksin dosis satu di Gorontalo sebesar 83,08 persen dari total sasaran sebanyak 1.055.209 orang. Sedangkan untuk dosis kedua 61,86 persen, dosis ketiga 21,57 persen, dan dosis keempat 32,92 persen.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

18 Orang Positif

Sebelumnya, berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo pada 21 November 2022, telah ditemukan 18 kasus baru Covid-19. Dengan temuan itu, pemerintah kembali menguatkan vaksinasi dosis 2 dan 3.

“Tidak ada cara lain mengatasi kasus ini kecuali menggencarkan vaksinasi khususnya untuk dosis kedua dan ketiga," kata Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

"Kita harus sama-sama menekan angka kasus aktif ini dan berupaya agar Gorontalo kembali ke zona hijau atau nol kasus Covid-19,” pintanya.

Penjagub Hamka menyarankan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat diintegrasikan dengan kegiatan pasar murah yang akan digelar Pemerintah Provinsi Gorontalo hingga akhir tahun 2022.

"Secara teknis diatur saja seperti yang sudah pernah dilaksanakan seperti di Polda, Korem, Kejaksaan Tinggi, serta oleh beberapa instansi lainnya. Kami mohon bantuannya agar cakupan vaksinasi akan meningkat," ujar Penjagub.

Terkait hal itu Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Helmy Santika, menyatakan kesiapan jajaran Kepolisian untuk membantu kinerja dan kualitas pelayanan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal masyarakat terhadap Covid-19.

“Kami memiliki 116 tenaga kesehatan yang siap berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait dalam pelayanan vaksinasi kepada masyarakat,” kata Kapolda Gorontalo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS