Sukses

Jajanan Tradisional Pontianak yang Siap Menggoyang Lidah Wisatawan

Selain kue bingka, terdapat sejumlah kuliner unik dan lezat lain dari Pontianak yang siap memanjakan lidah Anda dan bikin ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta - Pontianak sebagai ibu kota Kalimantan Barat memiliki sejumlah kudapan lezat dan banyak diburu wisatawan yang sedang berlibur.

Selain kue bingka, terdapat sejumlah kuliner unik dan lezat lain di Pontianak yang siap memanjakan lidah Anda. Bahkan, banyak dari pengunjung yang membawa jajanan tersebut sebagai oleh-oleh.

Sejumlah jajanan tradisional bisa Anda nikmati jika sedang berkunjung di ke Pontianak. Jajanan tradisional Pontianak tersebut, konon tidak dapat ditemui di daerah lain.

Berikut informasi sejumlah jajanan tradisional Pontianak yang wajib dicoba saat berkunjung:

Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng srikaya terbuat dari pisang nipah dan dengan selai srikaya. Pisang goreng selai ini mudah didapati di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak.

Harga pisang goreng selai ini berkisar Rp2.500 hingga Rp3.000. Untuk Anda yang menikmati di tempat bisa santai di sana karena disediakan kursi dan meja. Kemudian, sejumlah minuman juga tersedia seperti air kacang, air tahu, dan es campur.

Cokelat Wijen

Panganan ini terbuat dari cokelat dan wijen, rasanya gurih dan manis. Harga cokelat wijen ini hanya Rp10 ribu. Dan bagi Anda yang ingin membawanya untuk oleh-oleh keluarga juga bisa dibungkus. Karena kue cokelat wijen ini bisa bertahan lama.

Sentra penjualan kue cokelat wijen berada di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bubur pedas

Bubur pedas meruapakan makanan khas Kabupetan Sambas. Bubur pedas ini terbuat dari sayuran dan beras yang disantap dengan ikan teri. Harga bubur pedasnya satu mangkoknya sekitar Rp10 ribu.

Lokasi warung bubur pedas ini berada di Jalan Hos Cokroaminoto, Kota Pontianak. Ada juga cabang warung tersebut di Jalan Jeruju Kota Pontianak.

Pengkang

Pangan pengkang ini merupakan khas Kabupeten Mempawah. Pengkang terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian di panggang, dan disantap dengan sambal kepah.

Lokasi penjual pengkang ini di Jalan Ahmad Yani 1, Kubu Raya, dan pusatnya berada di Jalan Peniti, Kabupaten Mempawah. Harga satu porsi pengnkang ini Rp15 ribu.

Sotong Pangkong

Makanan dengan bahan dasar sotong ini diolah dengan cara dibakar, kemudian dipukul dan disantap dengan saus.

Lokasi penjual sotong pangkong ini berada di Jalan Merdeka, Kota Pontianak. Buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Harga satu porsi sotong Rp10 ribu dan jika sembari minum satu gelas kopi sekitar Rp5 ribu rupiah.

Kira-kira dari 5 rekomendasi jajanan tradisional Pontianak mana yang akan Anda nikmati terlebih dahulu? Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.