Sukses

Mengenal Biliu, Pakaian Adat Gorontalo yang Dikenakan Kaesang dan Erina

Liputan6.com, Gorontalo - - Kaesang dan Erina dikabarkan akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman pada 10 Desember 2022. Persiapan demi persiapan kian dimatangkan oleh kedua mempelai tersebut.

Salah satunya mempersiapkan foto prewedding. Setiap momentum keduanya kerap diunggah melalui media sosial pribadi Kaesang. Menariknya dalam foto prewedding, mereka mengenakan pakaian adat Gorontalo.

Unggahan putra bungsu Presiden Jokowi melalui laman Instagramnya ini banyak dibagikan masyarakat Gorontalo. Dalam unggahan itu, Kaesang bersama calon istrinya itu, mengenakan pakain adat biliu dengan caption bahasa Gorontalo Otolianguu da’ah yi’o yang artinya aku sangat menyayangimu.

"Saya sebagai warga Gorontalo merasa bangga jika pakaian adat Gorontalo dipakai oleh putra presiden saat menikah," kata Cindra, salah satu warga Gorontalo kepada Liputan6.com.

Warganet juga tidak melewatkan momen ini, mereka mengatakan hal yang sama. Bahwa, mereka merasa bangga, pakaian adat Gorontalo dipakai putra presiden dan calon istrinya di momentum sakral.

"Thanks love birds, lancar terus, gas sampai hari sakral," kata warga Gorontalo melalui akun media sosial bernama @Ririn Nteseo.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Pakaian Adat Biliu

Biliu adalah salah satu pakaian adat Gorontalo yang wajib digunakan mempelai wanita dalam upacara adat pernikahan. Biliu dalam perkembangannya dikenal sebagai salah satu pakaian adat yang unik dan penuh nilai-nilai filosofis.

Pada 2012, Biliu ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang berasal dari Gorontalo.

Biliu sendiri juga merupakan baju adat kebesaran yang digunakan oleh warga Gorontalo dalam upacara adat.

Dalam tata urutan pakaian adat perempuan Gorontalo, Biliu adalah pakaian tradisional yang paling lengkap ornamen adatnya. Pakaian ini juga paling tinggi kedudukannya karena disertai pula dengan penggunaan mahkota adat yang lengkap.

Biliu berasal dari kata bilowato, artinya adalah tingkah laku yang santun. Termasuk jika yang memakai pakaian ini bakal memiliki sifat dan pembawaan yang baik di lingkungan keluarga setelah menikah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS