Sukses

6 Wasit Wanita di Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Yogyakarta - Piala Dunia 2022 Qatar mencatat sejarah baru dengan melibatkan enam wasit wanita. Dari 129 daftar wasit yang dirilis FIFA, enam di antaranya adalah wanita.

Tiga dari enam wanita tersebut bertugas sebagai wasit utama, sementara tiga sisanya berperan sebagai asisten wasit. Kepala wasit FIFA, Pierluigi Collina, memastikan keenam official wasit wanita ini tidak akan didiskriminasi maupun dibatasi.

Berikut enam wasit wanita Piala Dunia 2022 Qatar:

1. Stephanie Frappart (Prancis)

Stephanie Frappart yang lahir pada 14 Desember 1983 merupakan wasit utama Piala Dunia 2022 yang berasal dari Prancis. Ia memulai karir dalam sepak bola sejak 2011.

Pada 2014, ia berhasil naik ke Ligue 2 (kasta kedua). Pada 2015, karirnya semakin cemerlang dengan menjadi wasit di ajang Piala Dunia Wanita dan berlanjut hingga Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis.

Sepanjang karirnya, Stephanie Frappart pernah menerima penghargaan sebagai wasit wanita terbaik dunia versi IFFHS selama tiga tahun berturut-turun, yakni pada 2019, 2020, dan 2021.

2. Salima Mukansanga (Rwanda)

Wanita kelahiran 25 Juli 1988 ini memiliki ketertarikan pada dunia wasit sepak bola sejak 2006. Saat itu, Salima Mukansanga tengah menempuh pendidikan tahun terakhir di sekolah menengah St Vincent de Paul Musanze.

Sebenarnya, saat kecil Salima lebih tertarik pada bola basket. Namun, kesulitan akses dan hal lain membuat ia mengalihkan fokusnya ke sepak bola.

Sebelum ditunjuk sebagai wasit utama di Piala Dunia 2022 Qatar, ia telah menorehkan beberapa catatan bergengsi sebagai wasit. Salah satu catatan bergengsinya adalah menjadi wasit di Piala Dunia Wanita U-17 FIFA di Uruguay pada 2018 serta memimpin laga Piala Dunia Wanita dan Olimpiade Tokyo pada 2019.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Yoshimi Yamashita

3. Yoshimi Yamashita (Jepang)

Yoshimi Yamashita lahir di Tokyo pada 20 Februari 1986. Sebelum ditunjuk menjadi wasit utama dalam laga Piala Dunia 2022 di Qatar, ia pernah menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Yamashita juga menjadi perempuan pertama yang menjadi wasit pada laga sepak bola pria liga Jepang atau J-League. Selain itu, ia juga pernah memimpin laga pertandingan sepak bola tingkat Asia, AFC Champions League.

4. Neuza Back (Brasil)

Wanita berkebangsaan Brasil ini lahir pada 11 Agustus 1984. Pada Piala Dunia 2022, Neuza Back bertugas sebagai asisten wasit.

Debut Back di ajang pertandingan sepak bola pria internasional bermula saat mengawal laga Copa Sudamericana antara Penarol vs Velez Sarsfield. Namanya mulai mencuat saat ditunjuk menjadi asisten wasit Piala Dunia Antar Klub 2020 bersama kompatriotnya, Edina Alves Batista.

Ia pun menjadi wasit wanita Amerika Latin pertama yang ditunjuk untuk mengawal laga kejuaraan dunia pria. Pada laga tersebut, ia bertugas sebagai asisten wasit cadangan pada laga Tigers vs Ulsan Hyundai dan babak perempat final antar Ulsan Hyundai vs Al Duhail.

5. Karen Diaz Medina (Meksiko)

Karen Diaz Medina memiliki nama lengkap Karen Janett Diaz Medina. Ia lahir 10 November 1984, di Aguascalientes, Meksiko.

Saat ini, ia merupakan wasit dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf). Wanita yang menjadi asisten wasit Piala Dunia 2022 Qatar ini mendapatkan sertifikasi sebagai asisten wasit FIFA pada 2018.

Sepanjang karirnya sebagai asisten wasit, ia telah bertugas di beberapa turnamen, salah satunya di Kejuaraan Wanita U-17 di Managua. Sementara itu di Nikaragua, ia juga menjadi asisten wasit di Liga Concacaf Scotiabank dan Kejuaraan U-20 pria di Bradenton Florida. Selain itu, ia juga sempat bertugas pada Kualifikasi Olimpiade Wanita 2020 di Houston, Texas.

6. Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat)

Nama Kathryn Nesbitt tergolong jarang terdengar di publik sepak bola dunia. Wanita kelahiran 7 November 1988 ini merupakan seorang ahli kimia analitik sekaligus asisten profesor kimia.

Pada 2019, Nesbitt meninggalkan pekerjaan sebagai dosen dan memilih fokus di dunia perwasitan. Ia lebih sering bertugas di laga-laga Major Soccer League (MLS), yakni liga sepak bola profesional Amerika Serikat dan Kanada.

Pada Desember 2021, Nesbitt terpilih sebagai perempuan pertama yang ikut memimpin pertandingan kejuaraan sepak bola profesional pria di Amerika Utara. Ia bertugas sebagai asisten wasit pada laga MLS Cup antara Columbus Crew vs Seattle Sounders.

Kathryn Nesbitt merupakan asisten wasit asal Amerika Serikat dan pemegang penghargaan 2020 MLS Assistant Referee of the Year. Sebelum menjadi asisten wasit di Piala Dunia 2022 Qatar, namanya telah berada di Daftar Wasit Internasional FIFA sejak 2016.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS