Sukses

11 Tanaman yang Dipercaya Dapat Menangkal Ilmu Hitam dan Energi Negatif

Menurut Primbon Jawa Kuno, tanaman yang ditanam di pekarangan atau halaman rumah bisa berfungsi sebagai penangkal energi negatif.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi sebagian masyarakat Jawa, menanam tanaman penangkal ilmu hitam, seperti santet, guna-guna, teluh, serta gangguan mistis lainnya masih dilakukan hingga sekarang. Tanaman tersebut bisa disebut sebagai tanaman tolak bala.

Menurut Primbon Jawa Kuno, tanaman yang ditanam di pekarangan atau halaman rumah bisa berfungsi sebagai penangkal energi negatif. Mengutip dari channel Youtube ESA Production, berikut 11 tanaman penangkal energi negatif tersebut:

1. Tebu ireng

Masyarakat Jawa percaya pohon tebu ireng dapat menangkal energi negatif sekaligus penangkal santet, sihir, ilmu hitam, guna-guna, dan gangguan makhluk halus lainnya. Sebagian orang menyebut pohon ini dengan nama tebu wulung.

Tebu ireng atau tebu wulung bukanlah tanaman tebu yang sering ditemukan di ladang. Tebu ireng umumnya berwarna gelap, biru gelap, serta merah tua. Selain itu, daunnya juga berwarna gelap.

Posisi terbaik menanam pohon tebu ireng adalah di halaman depan rumah. Biasanya, tebu ireng ditanam layaknya pagar rumah.

2. Tanaman sente wulung

Selain indah, tanaman sente wulung ternyata juga memiliki energi positif yang luar biasa. Tanaman ini dipercaya dapat menangkal santet, sihir, guna-guna, ilmu hitam, serta gangguan energi negatif lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bidara

3. Pohon bidara

Saat malam hari, pohon bidara konon mengeluarkan energi positif yang berfungsi mengusir ilmu hitam. Dalam Primbon Jawa, masyarakat Jawa Kuno percaya tanaman ini berguna untuk menangkal energi negatif dan gangguan mistis sekaligus sebagai pelindung rumah dari jin dan makhluk gaib lainnya yang berniat jahat.

4. Pohon kelor

Pohon kelor termasuk dalam tanaman penangkal santet, sihir, ilmu hitam, guna-guna, dan makhluk halus. Banyak masyarakat Jawa menanam tanaman ini di pekarangan rumahnya.

5. Pohon pule

Pohon pule memiliki energi positif yang luar biasa. Selain daunnya yang berfungsi sebagai obat, secara ilmiah pohon pule juga bisa menjernihkan udara.

Secara mistis, pohon pule mempunyai energi positif yang bisa jadi penangkal energi negatif. Pohon ini juga dipercaya dapat menyembuhkan demam berkepanjangan.

 

3 dari 3 halaman

Pohon Gading

6. Pring gading atau bambu kuning

Menurut primbon Jawa, tanaman pring gading dapat digunakan sebagai penangkal santet, sihir, ilmu hitam, guna-guna, dan energi negatif lainnya. Tanaman ini bisa ditanam di depan rumah maupun pekarangan rumah. Selain itu, tanaman ini juga berfungsi sebagai obat liver hingga anti racun hati.

7. Pohon johar

Tanaman yang dapat menangkal energi negatif selanjutnya adalah pohon johar. Daun pohon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik, asam urat, dan gatal-gatal pada kulit.

8. Tanaman bangle

Bangle atau bonglai adalah salah satu tanaman rempah-rempah. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan.

Menanam tanaman ini di rumah juga dipercaya dapat memancarkan energi positif luar biasa. Hal tersebut dapat menangkal segala energi negatif yang akan masuk ke rumah.

9. Tanaman dringo

Selain dapat menangkal energi negatif, dringo juga bisa digunakan sebagai obat. Bagian rimpang tanaman ini bisa digunakan sebagai aromatik, parfum, mengobati demam nifas, dan lainnya.

10. Tanaman opo opo

Tanaman opo opo juga dipercaya mampu menangkal santet, sihir, ilmu hitam, guna-guna, dan makhluk halus. Tanaman ini akan menangkal segala hal-hal negatif yang akan masuk ke dalam rumah.

11. Pohon kecubung wulung

Dalam kesehatan, daun kecubung wulung bisa digunakan sebagai obat rematik, sakit pinggang, dan asam urat. Sementara dalam Primbon Jawa, tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman tolak bala untuk santet, sihir, ilmu hitam, penangkal teluh, hingga guna-guna.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.