Sukses

Tour de Siak Siap Digelar, Jadi Ajang Promosi Wisata Riau

Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemerintah Kabupaten Siak sudah mematangkan persiapan Tour de Siak yang akan diselenggarakan pada 1 hingga 4 Desember 2022.

Liputan6.com, Pekanbaru - Setelah sukses dengan Tour de Muara Takus, di Riau kembali diadakan balapan sepeda bertema sport tourism. Bedanya dengan event pertama, balapan ini telah masuk ajang internasional yaitu Tour de Siak. 

Balapan Tour de Siak masuk dalam kalender event pariwisata nasional. Sejak Covid-19, balapan yang diikuti pesepeda nasional serta internasional ini alpa digelar dan diagendakan lagi pada 1 hingga 4 Desember nanti.

Pemerintah Provinsi Riau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak telah mematangkan persiapannya. Ratusan pembalap sepeda siap mengaspal melewati sejumlah etape. 

Tour de Siak tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Etapenya tidak hanya di Kabupaten Siak saja tapi sudah melewati Kabupaten Pelalawan dan berakhir di Kota Pekanbaru. 

"Lintas kabupaten, wacananya kedepan sampai ke Malaka," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Rony Rakhmat, Kamis siang, 24 November 2022.

Tour di Siak akan diikuti pembalap sepeda dari Malaysia 2 tim, Singapura, Brunei Darussalam dan Filipina. Sementara pembalap nasional berasal dari Malang, Bandung, Jogjakarta, Riau dan tim dari provinsi lainnya. 

Dihelat sejak 2013, Tour de Siak tahun ini sudah memasuki musim ke 13. Ada 3 etape yang akan dilewati pembalap, mulai dari race Siak kota, Siak ke Pekanbaru dan race di Pekanbaru. 

"Dimulai dari Istana Siak hingga ke Pekanbaru dengan panjang lintasan ratusan kilometer," ujar Rony didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informasi Riau Erisman Yahya.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah dan Kuliner

Tidak hanya balapan, peserta nantinya akan dikenalkan dengan lokasi bersejarah yang menjadi tempat berkembangnya kebudayaan melayu di Riau. Sebut saja misalnya Istana Siak. 

Selain budaya dan adat istiadat melayu, peserta juga akan disuguhkan kuliner khas melayu. Bagi pembalap, waktu menyantap kuliner ini pada waktu tertentu, tidak saat balapan. 

Rony menyatakan, Tour de Siak mendapat dukungan penuh dari Polda Riau. Pada hari H nanti, kepolisian mengerahkan ribuan personel di sejumlah titik lintasan. 

Rencananya, event ini akan dibuka oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Gubernur Riau Syamsuar dan Kapolda Irjen Mohammad Iqbal akan bertemu dengan Kapolri terkait ini. 

"InsyaAllah akan dihadiri oleh Kapolri," jelas Rony. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.