Sukses

8 Macam Olahan Tepung Aci Khas Sunda

Liputan6.com, Bandung - Cimol dan cireng menjadi jajanan (street food) yang banyak digemari. Jajanan ini merupakan makanan olahan dari tepung aci (kanji) khas Sunda.

Tak hanya cimol dan cireng, ternyata makanan olahan dari tepung aci juga memiliki variasi lain. Mengutip dari akun Twitter @infobogor, berikut variasi olahan tepung aci khas orang Sunda:

1. Cimol

Cimol merupakan singkatan bahasa Sunda, yakni aci digemol, yang berarti tepung kanji yang dibuat bulat-bulat. Cimol diolah dengan cara digoreng.

Saat digigit, cimol akan memiliki tekstur yang agak kenyal. Cimol paling enak jika disantap saat masih hangat.

2. Cireng

Meski sama-sama diolah dengan cara digoreng, cireng tetap memiliki perbedaan dengan cimol. Jika cimol berbentuk bulat, cireng memiliki bentuk yang lebih beragam dan cenderung tak berbentuk.

Kuliner Sunda sudah cukup populer sejak era 80-an. Saat ini, cireng sudah berinovasi dengan aneka rasa yang dihadirkan, seperti daging ayam, sapi, sosis, baso, keju, hingga ayam teriyaki.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cilok

3. Cilok

Cilok berbentuk bulat seperti cimol. Bedanya, jika cimol diolah dengan cara digoreng, cilok umumnya diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Nama cilok mengacu pada cara mengonsumsi jajanan ini, yakni dengan cara dicolok menggunakan lidi. Jadi, cilok merupakan kependekan dari aci yang dicolok.

4. Cilor

Olahan tepung aci yang satu ini menggunakan telur sebagai pelengkapnya. Nama cilor yang merujuk pada aci dan telor (telur) memiliki tampilan yang mirip dengan sate.

Aci ditusukkan ke lidi kemudian dibalut dengan telur. Sajian ini umumnya diolah dengan cara digoreng.

 

3 dari 4 halaman

Cibay

5. Cibay

Cibay merupakan kependekan dari aci ngambay. Dalam bahasa Sunda, ngambay berarti aci basah.

Cibay ini berbentuk mirip lumpia goreng yang diisi dengan aneka bahan, seperti sosis, bakso, ayam, hingga sayuran. Jajanan ini umumnya memiliki cita rasa yang gurih sekaligus pedas.

6. Cilung

Cilung atau acu digulung merupakan varian olahan tepung aci selanjutnya. Sesuai namanya, jajanan ini diolah dengan cara menggulungkan adonan tepung aci pada lidi.

Adonan cilung biasanya juga berisi mie, baso, daging ayam, dan sebagainya. Sekilas, jajanan ini memiliki tampilan yang mirip dengan telur gulung.

 

4 dari 4 halaman

Cihu

7. Cihu

Cihu atau aci tahu merupakan olahan tepung aci yang dipadukan dengan tahu. Tahu yang dipotong kecil-kecil digunakan sebagai bahan tambahan dengan memasukkannya ke dalam adonan tepung aci siap olah.

Tahu-tepung ini kemudian diolah dengan cara digoreng. Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal di lidah.

8. Cimin

Nama cimin merujuk pada aci mini. Meski secara tekstur cimin mirip dengan cilok, tetapi jajanan ini memiliki perbedaan dengan cilok pada umumnya.

Cimin biasanya diolah bersama dengan telur kocok atau telur orak-arik. Resep cimin juga sempat viral di media sosial Tiktok beberapa waktu lalu.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS