Sukses

Haul Habib Ali di Solo, Warga Ikut Raup Berkah dan Rezeki dari Jualan Dadakan

Haul Habib Ali di Masjid Ar Riyad Solo membawa berkah tersendiri bagi warga yang ada di sekitar lokasi masjid.

Liputan6.com, Solo - Muhammad Zidan Yusuf bersama rekannya, Aisy, sudah sejak pagi buta sudah disibukkan dengan aktivitas membuat cilok daging ayam dan seduhan teh. Bukan tanpa alasan mereka membuat itu, ya mereka menjadi pedagang dadakan di area Haul Habib Ali di Solo.

Bermodal hanya Rp100 ribu, Zidan mencoba ikut meraup berkah dengan berjualan cilok dan es teh di sekitar lokasi acara Haul Solo. Berjualan tiga hari, Zidan mengaku dagangannya laris manis.

Pria yang masih terdaftar sebagai mahasiswa IMM Surakarta itu tak menyiakan kesempatan mencari cuan dalam acara tersebut.

"Ini hari ketiga jualan es teh, air mineral, dan juga cilok ayam buatan kami sendiri. Modal awal kami cuma 100 ribu rupiah, dua hari kemarin kami sudah mendapatkan keuntungan hampir setengah juta," kata Zidan kepada Liputan6.com ditemui di tempatnya berdagang, Rabu (16/11/2022).

Ia bersama rekan-rekannya berinisiatif menjadi pedagang dadakan karena itu momentum langka yang tidak boleh dilewatkan untuk meraih keuntungan pada acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi. Apalagi acara ini sudah ditunggu-tunggu jemaah, lantaran sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

"Momen haul buat tambahan cari uang jajan. Dari jam 9 mulai buka sampai jam 10 malam, siapkan dagangan sejak Subuh. Ini juga baru digelar lagi, tahun sebelumnya karena ada pandemi jadi ditiadakan," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikut Raup Berkah dan Rezeki

Zidan mengaku dalam sehari bisa menjual sekitar seratus gelas es teh dengan harga per gelasnya Rp5 ribu, itu belum hasil dari air mineral dan juga cilok ayam.

"Keuntungan dua hari kemarin sudah dapat untung bersih sudah hampir Rp1 juta. Puncak kegiatan haulnya kemarin, tapi hari ini masih ada rangakaian kegiatannya. Kalau masih ramai sampai besok  jualan lagi," ucap Zidan.

Sementara itu, ia sendiri mengaku senang dengan kegiatan Haul Habib Ali itu, selain dirinya bisa mendapatkan berkah rezeki dengan berjualan es teh manis, dirinya juga mengikuti rangakaian keagamaan yang positif itu.

"Seneng dengan rangkaian acara haul Habib Ali ini, banyak manfaat positifnya. Khususnya buat kami anak-anak muda memperdalam ilmu keagamaan," katanya.

Berkah lainnya tak hanya dirasakan oleh para pedagang dadakan di siang hari, malam harinya tempat-tempat malam di sekitar lokasi haul banyak didatangi jamaah untuk menikmati wisata kuliner. Berkah lainnya juga dirasakan tukang parkir yang bisa meraup berkah menjaga kendaraan para jamaah yang hadir dia cara Haul Habib Ali tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini