Sukses

Deretan Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta - Hamil merupakan sebuah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi sebagian besar wanita yang sudah menikah. Selama proses kehamilan ini, sang ibu tentunya begitu menantikan hadirnya buah hati tercinta lahir dengan selamat dan sehat.

Agar kondisi bayi dalam kandungan tetap sehat, maka ibu hamil harus benar- benar memperhatikan kesehatan dan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Ibu hamil wajib memiliki menu makanan sehat selama proses kehamilan.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil yang baik dan teratur, bayi di dalam kandungan akan mendapat asupan gizi yang baik untuk pertumbuhannya. Ibu hamil harus mengetahui apa saja gizi dan nutrisi yang wajib terpenuhi selama masa kehamilan.

Nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil antara lain kalsium, karbohidrat, serat, asam folat (folic acid), lemak sehat, mineral (zat besi dan yodium), dan vitamin (A, B6, B12, C dan D).

Nutrisi-nutrisi tersebut harus terpenuhi bagi ibu hamil demi kebaikan dirinya dan bayi dalam kandungan. Adapun menu makanan sehat yang sangat bagus untuk kehamilan adalah :

Salmon

Ikan salmon menjadi sumber asam lemak omega-3 dan protein yang baik untuk tubuh manusia. Ikan ini bisa dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. DHA dan EPA yang terkandung dalam ikan salmon bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi serta meningkatkan keterampilan motorik dan dapat mengurangi masalah neurologis pada bayi.

Susu

Mengonsumsi susu sudah menjadi hal wajib bagi ibu hamil untuk menambah nutrisi di dalam tubuh. Susu mengandung berbagai macam gizi seperti vitamin B, zat besi dan magnesium. Jika ibu hamil rutin mengonsumsi susu, maka tulang bayi dan ibunya tetap kuat dan terjaga.

Selain itu, susu mengandung probiotik yang manfaatnya membuat bayi dalam kandungan terhindar dari bakteri, infeksi dan zat anti alergi.

Telur

Protein yang satu ini juga sangat penting dikonsumsi bagi ibu hamil. Selain mudah didapatkan, telu memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Pada telur terdapat kandungan choline yang fungsinya membantu perkembangan pada otak bayi.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kacang-kacangan

Pada saat hamil, biasanya para wanita sering mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air atau wasir. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menambah tenaga bagi ibu hamil.

Makanan yang satu ini memiliki banyak kandungan serat, zat kalsium, folat, zat besi dan seng. Anda dapat mengonsumsi kacang polong agar berat badan bayi ideal dan tidak lemah saat proses melahirkan.

Gandum atau Nasi Merah

Nutrisi karbohidrat sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan bayinya. Asupan karbohidrat yang baik bisa didapatkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum menjadi sumber makanan sehat yang mengandung vitamin E, serat dan selenium yang sangat baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Jika tidak suka mengonsumsi gandum, bisa digantikan dengan nasi merah yang juga memiliki nutrisi sangat baik untuk kesehatan.

Daging Tanpa Lemak

Daging yang paling baik dikonsumsi adalah daging tanpa lemak dikarenakan kandungan gizinya yang sangat lengkap dan memiliki protein tinggi. Kandungan zat besi yang terdapat dalam daging bermanfaat untuk membantu produksi hemoglobin.

Air Kelapa

Kelapa memiliki kandungan lemak yang baik dan bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan energi bagi ibu hamil. Ibu hamil dapat mengonsumsi air kelapa secara rutin untuk nutrisi sang bayi dan dirinya.

Ubi

Kandungan gizi yang terdapat pada ubi yaitu serat, vitamin A, vitamin B6, potassium, vitamin C, beta-karoten dan zat besi. Vitamin A yang terdapat pada ubi bermanfaat untuk membangun sel-sel baik pada janin bayi.

Gizi yang terkandung pada ubi sangat baik untuk perkembangan tulang, mata dan kulit bayi serta dapat memenuhi kebutuhan zat besi untuk tubuh. Cara mengonsumsinya yaitu dengan merebus ubi dan konsumsilah setiap pagi untuk sarapan.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk sarapan. Nutrisi pada oatmeal diperkaya dengan protein, serat, dan vitamin B6.

Jika ibu hamil mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan, maka manfaatnya dapat menambah energi ekstra untuk tubuhnya.

Oatmeal ini sangat baik dikonsumsi pada saat ibu hamil sedang dalam kondisi lelah atau mual. Nutrisi yang terkandung dalam oatmeal ini juga sangat baik untuk perkembangan janin.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah juga memiliki peranan penting sebagai menu makanan wajib bagi ibu hamil. Sayuran yang berwarna hijau terdapat kandungan antioksidan, kalsium, potasium, vitamin dan serat yang tinggi.

Manfaat sayur dapat menjaga perkembangan janin tetap sehat serta memberikan gizi yang baik untuk sang ibu. Ibu hamil dapat mengonsumsi sayur bayam, brokoli, buncis, asparagus dan sayuran hijau gelap lainnya. Selain sayuran hijau, ibu hamil perlu mengonsumsi wortel, tomat, kubis, dan labu.

Mengonsumsi buah-buahan juga harus dilakukan demi kesehatan ibu hamil. Beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya: pisang, alpukat, apel, berries, jeruk, manga, pir, jambu biji, anggur dan delima. Ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi buah nanas, salak, durian dan nangka karena akan mengganggu kesehatan pada janin.

Itulah beberapa menu makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa diterapkan selama proses kehamilan.

Menu makan yang sehat ini dapat menutrisi kebutuhan ibu hamil dan janinnya. Lakukan pola makan yang baik agar menjaga kesehatan sang ibu dan bayi dapat lahir dengan sehat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS