Sukses

Car Free Day di Bandung Akan Dibuka Lagi, Pemkot Anggarkan Rp300 Juta

Car Free Day (CFD) di Kota Bandung akan dibuka kembali mulai 6 November mendatang.

Liputan6.com, Bandung - Car Free Day (CFD) di Kota Bandung akan dibuka kembali mulai 6 November mendatang. Indikator Covid-19 di Kota Bandung yang relatif terkendali menjadi salah satu faktor CFD akan kembali dilaksanakan.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, CFD mungkin akan dibuka jika penggunaannya hanya untuk sarana olahraga warga.

"Sekarang pandemi Covid-19 sangat terkendali. Tapi, saya berharap CFD itu untuk sarana olahraga warga. Jangan jadi pusat pasar yang baru. PKL jangan terlalu banyak kalau bisa," kata Yana, Rabu (2/11/2022).

Adapun lokasi CFD di Kota Bandung terdapat di dua lokasi, yaitu di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) dan di Jalan Buahbatu. Sementara Car Free Night di Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Menurut Yana, jika semua pihak berkomitmen menjaga kondisi CFD sesuai fungsinya untuk olahraga dan kebersihannya juga, CFD akan segera dibuka.

"Dishub, kepolisian, DLH akan terlibat juga akan membantu. Tapi harus untuk sarana olahraga," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awalnya Tidak Dibuka Kembali

Yana mengakui awalnya tidak akan membuka CFD. Namun, situasi pandemi yang dinamis membuat kebijakan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

"Waktu itu kita masih khawatir, tapi saat ini faktanya semua indikator menunjukkan pandemi di Kota Bandung relatif terkendali," ujarnya.

"Warga masyarakat juga butuh aktivitas di ruang publik terbuka, salah satunya CFD. Anggaran sudah tidak bermasalah. Sebanyak Rp300 jutaan," ucap Yana menambahkan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.