Sukses

Membangkitkan Asa Puluhan Penyandang Disabilitas di Kaltim Menjadi Pembuat Konten Digital

Agar tidak mendapatkan istilah diskriminasi puluhan penyandang disabilitas di Kaltim diberikan pelatihan digital video marketing content creator bersertifikasi BNSP oleh PT PAMA.

Liputan6.com, Samarinda - Pada era digital saat ini seluruh masyarakat berlomba-lomba untuk berkreasi dan mendapatkan kehidupan yang layak. Tak terkecuali para penyandang disabilitas. Agar tidak ada lagi istilah diskriminasi terhadap kelompok penyandang disabilitas, maka itu PT Pamapersada Nusantara (PAMA) menggelar pelatihan Digital Video Marketing Content Creator dan Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk penyandang disabilitas di Kaltim, pada Selasa (1/11/2022) di Hotel Amaris Samarinda.

Operation Head PAMA Balikpapan Sulasman menjelaskan, kegiatan pelatihan untuk penyandang disabilitas ini merupakan wujud kepedulian PAMA terhadap masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus. Karena semua orang memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia kerja sesuai keahlian dan bidangnya masing-masing.

"Allah SWT menciptakan manusia itu sangat sempurna dan disempurnakan untuk sesuatu yang berguna sesuai dengan manfaatnya. Jadi dengan pelatihan ini merupakan bentuk mengikuti perkembangan zaman yang bisa dimanfaatkan oleh para penyandang disabilitas," kata Sulasman didampingi CSR Departement Head PAMA Head Office, Maidi Irvan.

Baginya era digital bisa menjadi kekuatan baru dalam mendapatkan penghasilan dan penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat lainnya dalam berkreasi dan mendapatkan penghidupan. "Digitalisasi hanya perlu kemauan, jadi semua punya kesempatan yang sama. Dan PAMA sendiri merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat lain baik dalam bentuk bantuan sosial dan edukasi," imbuhnya.

Pelatihan ini, kata dia, akan terus dikembangkan di seluruh wilayah operasi PAMA. Dirinya berpesan kepada peserta pelatihan untuk selalu optimistis. Karena dengan pelatihan ini akan membuka kesempatan yang lebih luas. "Harus semangat dan punya kepercayaan diri yang luar biasa untuk menghadapi tantangan ke depan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Kaltim Beri Apresiasi PT PAMA

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim M Faisal memberikan apresiasinya kepada PAMA yang sudah banyak memberikan kontribusi ke masyarakat, salah satunya lewat pelatihan kepada penyandang disabilitas di Kaltim.

"Mengapresiasi setiap kegiatan masyarakat yang produktif khususnya penyandang disabilitas. Karena Pemprov Kaltim pun saat ini tengah meningkatkan program–program pelatihan masyarakat. Khususnya untuk pemuda, perempuan dan penyandang disabilitas. Terima kasih kepada PAMA," ungkap Faisal.

Sekretaris Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kaltim, Syawal pun berterima kasih kepada PAMA yang sudah melaksanakan pelatihan. Apalagi dalam kegiatan yang berlangsung dari tanggal 1-3 Oktober 2022 tersebut, pada akhirnya peserta pelatihan yang lolos akan mendapatkan sertifikat dari BNSP.

"Dengan sertifikasi ini akan jadi modal dan pendukung teman–teman penyandang disabilitas untuk mencari pekerjaan. Apalagi dipilihnya pelatihan Digital Video Marketing Content Creator ini sudah tentu sebagai bentuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang bisa dimanfaatkan bagi siapa pun," ucap Syawal.

Selain pelatihan, PAMA juga memberikan gerobak sayur dan laptop kepada perwakilan penyandang disabilitas sebagai bentuk dukungan meningkatkan peluang wirausaha.

Diketahui PT PAMA, yang merupakan perusahaan bergerak di bidang kontraktor batu bara ini melaksanakan sejumlah program corporate social responsibility (CSR) sebagai pilar income generating activity, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.