Sukses

11 Wisata Rumah Hobbit di Indonesia, Penggemar 'Lord Of The Rings' Wajib Mampir

Tak perlu jauh-jauh ke New Zealand, di Indonesia juga terdapat destinasi wisata replika Rumah Hobbit yang tak kalah menarik

Liputan6.com, Yogyakarta - Hobbit merupakan makhluk fiktif berbadan kecil, atau tepatnya hanya berukuran separuh dari tinggi manusia pada umumnya. Makhluk mungil ini muncul di dua trilogi film adaptasi novel karya JRR Tolkien, yakni Lord of The Rings (LOTR) dan The Hobbit.

Latar syuting kedua film yang berada di New Zealand ini pun telah menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Destinasi wisata rumah Hobbit tersebut diberi nama Hobbiton.

Meski kepopuleran dua film tersebut telah lama berlalu, tetapi efek kepopulerannya masih terasa hingga sekarang. Tak perlu jauh-jauh ke New Zealand, berikut  destinasi wisata replika Rumah Hobbit Indonesia yang tak kalah menarik:

1. Bukit Asri Kertojoyo

Rumah hobbit dengan tinggi yang tak sampai satu meter berada di atas bukit yang tinggi. Destinasi wisata ini tepatnya berlokasi di Tepung Sari, Pringombo, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah.

Beberapa rumah hobbit yang ada di destinasi wisata ini terbuat dari kayu dan beratapkan daun pinus. Tak hanya rumah hobbit, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pohon pinus dengan udara yang sejuk.

2. Farmhouse

Setelah sukses dengan rumah hobbit yang instagramable di Bandung, Farmhouse pun mengembangkannya menjadi perkampungan hobbit. Destinasi wisata ini diberi nama Hobbiton Adventure, yang berlokasi di Jalan Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tak hanya berfoto di depan rumah, pengunjung juga bisa masuk ke dalamnya. Pengunjung bisa merasakan sensasi berada di dalam kamar hingga dapur rumah hobbit.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hobbit Hill

Hobbit Hill di Cileungsi merupakan sebuah eco village dan restoran yang berlokasi di Jalan Harvest City Boulevard No.88, Ragemanunggal, Setu, Bekasi, Jawa Barat.

Setiap rumah hobbit yang ada di kawasan ini dibuat dengan memakai bahan alam.

Ya, rumah hobbit di kawasan ini memiliki atap dari jerami dengan dinding yang terbuat dari karung berisi pasir dan kerikil serta kayu cengkeh. Pengunjung juga bisa bersantai di tepi danau.

4. Rumah Hobbit Karo

Rekomendasi rumah hobbit selanjutnya berada di kawasan pemandian Sidebu Debu, Rindu Alam Air Panas and Resort. Wisata replika rumah hobbit di sini diberi nama Rumah Hobbit Karo.

Setelah puas berfoto di rumah hobbit yang berundak ini, pengunjung bisa berendam air panas hingga puas. Destinasi wisata ini berada di Jalan Jenderal Jamin Ginting, Lau Debuk Debuk, Desa Semangat Gunung, Sumatera Barat.

5. Kubu Hobbit

Bali ternyata juga memiliki destinasi wisata replika rumah hobbit yang bernama Kubu Hobbit. Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa menyambangi Pedawa di Buleleng, atau tepatnya di Jalan Banjar asah, Desa Pedawa, Banjar, Buleleng, Bali.

6. Lembah Semilir

Lembah Semilir menyajikan destinasi wisata berupa rumah tinggal ala hobbit. Rumah hobbit di kawasan ini terbuat dari bambu.

Rumah pohon, gardu pandang, hingga menara kincir angin yang ada di sini juga dibuat dari bambu. Rumah hobbit di sini berlokasi di Milir, RT.001 RW.014, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

 

3 dari 3 halaman

7. Ngasem Park

Tempat wisata Ngasem Park berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasinya masih berada dalam kawasan yang sama dengan Taman Bunga Setiya Aji.

Tak heran, di sekitar rumah hobbit terdapat berbagai jenis bunga, seperti bunga matahari, gladiol, mawar, dan lainnya. Selain di rumah hobbit, juga terdapat menara kayu dan pintu langit.

8. Rabbit Park

Sesuai namanya, destinasi wisata ini memungkinkan pengunjung untuk melihat kelinci yang lucu dan imut. Tak jauh dari rumah kelinci, terdapat rumah hobbit dengan bentuk pintu bulatnya yang khas.

Tidak hanya rumah hobbit, di dalam Rabbit Park juga ada rumah pohon yang berbentuk seperti sarang burung dan juga rumah terbalik. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Wonorejo, Talun, Blitar.

9. Seribu Batu Songgo Langit

Berada di tengah hutan pinus, rumah hobbit di destinasi wisata ini terbuat dari kayu. Selain berfoto sambil menikmati suasana alam, pengunjung juga bisa merasakan adrenalin dengan menaiki flying fox.

Untuk menuju ke destinasi wisata ini, pengunjung bisa berkunjung ke Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

10. Taman Bunga Celosia

Letak rumah hobbit yang satu ini sangat istimewa karena berada di dalam Taman Bunga Celosia. Sama seperti di Ngasem Park, rumah hobbit di sini juga dikelilingi oleh deretan bunga yang indah.

Pada atap rumah hobbit pun tumbuh rumput yang asri. Selain rumah hobbit dan taman bunga, pengunjung juga bisa menikmati keindahan rumah jamur, rumah bambu, kincir angin, hingga replika patung Merlion.

Langsung saja menuju ke Jalan Hadiningrat, Beroken, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

11. Taman Kelinci

Berada di perbukitan, rumah hobbit ini cukup mirip dengan rumah karakter utama LOTR, Frodo Baggins. Kemiripannya terletak pada pintu kayunya yang berbentuk bulat.

Pada sekitar rumah hobbit tersebut juga terdapat taman kelinci dan beberapa spot foto yang instagramable. Destinasi wisata ini berlokasi di Samaan Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.