Sukses

18 Oktober Hari Perpustakaan Sekolah Internasional, Ini 7 Perpustakaan Sekolah Keren di Dunia

Berikut 7 sekolah di dunia yang memiliki perpustakaan keren.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebagai lembaga pendidikan formal, umumnya sekolah dilengkapi dengan ruang perpustakaan. Ternyata, keberadaan perpustakaan sekolah juga diperingati setiap tahunnya secara internasional, yakni setiap 18 Oktober.

Hari Perpustakaan Sekolah Internasional kali pertama diselenggarakan pada 1999 dengan mengusung tema “A Day In The Life”. Peringatan tersebut dicanangkan oleh Presiden International Association Of School Librarianship (IASL), Dr. Blanche Woolls

Selanjutnya, pada 2005, peringatan ini kembali ditegaskan oleh presiden IASL, Peter Genco, dan terus diperingati setiap tahunnya hingga sekarang. Peringatan ini menjadi momentum untuk menyuarakan dan mengampanyekan pentingnya penguasaan literasi untuk generasi muda.

Terkait hal ini, ada beberapa perpustakaan sekolah menarik dan nyaman. Berikut 7 sekolah di dunia yang memiliki perpustakaan keren:

1. Beijing Jingshan School (China)

Beijing Jingshan School merupakan sekolah menengah dan dasar yang terletak di jalan Dengshikou di Beijing, China. Sekolah ini merupakan pusat koneksi untuk Rencana Pendidikan Baru Asia UNESCO.

Perpustakaan ini memiliki desain bagian depan yang cukup simple, tetapi tak meninggalkan kesan modern. Ukuran rak yang ada di perpustakaan ini juga telah disesuaikan dengan tinggi rata-rata siswa di sana, sehingga memudahkan para siswa untuk menjangkau buku.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Library Bus

2. Cordwalles Junior School (Inggris)

Perpustakaan Cordwalles Junior School di Inggris yang berada di dalam ruangan memiliki interior yang terasa seperti di luar ruangan. Hal itu didapatkan dari rak buku, kursi, hingga wallpaper di dinding yang diberikan sentuhan nuansa alam.

3. Library Bus, Rosendale Primary School (Inggris)

Rosandale School berhasil menghadirkan Library Bus yang membuat membaca jadi lebih menyenangkan. Pasalnya, di sini para siswa akan merasakan sensasi membaca buku di dalam bus tingkat.

Perpustakaan ini terletak di halaman sekolah dan membebaskan para siswa dan orang tua untuk membangun keakraban melalui aktivitias membaca buku bersama. Tak heran, jika perpustakaan ini pernah dinobatkan sebagai Library Bus terbaik pada School Library Association (SLA) Library Design Award 2011.

 

3 dari 4 halaman

Los Angeles

4. Locke JetSpace, Locke High School (Los Angeles)

Minimalis tetapi elegan, itulah kalimat yang bisa menggambarkan perpustakaan Locke JetSpace di Locke High Scholl. Kursi berwarna-warni yang ditaruh apa adanya, perpustakaan ini membuat para siswa merasa lebih santai dan cozy atau nyaman.

Disebutkan, perpustakaan ini didesain oleh No Right Brain Left Behind, sebuah agensi kreatif yang fokus pada bidang pendidikan. Berbagai peralatan modern pun ada di dalamnya, seperti audio dan visual yang membuat siswa lebih mudah belajar, teknologi mobile seperti iPad, dan masih banyak lagi.

5. Potter Library, All Hallows' School (Brisbane)

Perpustakaan sekolah yang satu ini dirancang sebagai tempat bertukar informasi sekaligus bersosialisasi. Para siswa yang semuanya perempuan menjadikan perpustakaan ini menjadi tempat untuk menghabiskan waktu ketika jam istirahat atau setelah pulang sekolah.

Perpustakaan ini memiliki tempat yang nyaman, luas, dan interior yang kekinian. Serunya lagi, pihak sekolah kerap menyelenggarakan nonton bareng film pada malam hari, workshop pengembangan diri, serta kegiatan Bookclub.

 

4 dari 4 halaman

Inggris

6. The Duston School (Inggris)

Perpustakaan di The Duston School, Northampton, memiliki area khusus yang terdapat panel-panel. Area tersebut biasanya dimanfaatkan para siswa yang membutuhkan privasi lebih, terutama untuk belajar khusus menjelang ujian.

Dinding pada perpustakaan ini dihiasi mural cakrawala kota London, tepat saat berlangsungnya Olimpiade London 2012, yang membuat suasana lebih menyenangkan dan terkesan 'artsy'. Mural tersebut dibuat oleh Ashley Elliott, seorang alumni dari The Duston School.

7. The Stephen Perse Foundation Junior School (Cambridge)

Perpustakaan di The Stephen Perse Foundation Junior School memiliki interior yang tampak megah dengan balutan desain kontemporer. Perpustakaan ini dibangun oleh seorang arsitektur ternama di Inggris, Chadwick Dryer Clarke.

Dinding dan atap pada perpustakaan ini didominasi warna putih. Sementara itu, aksesoris ruangan pada perpustakaan ini memiliki sentuhan warna cerah yang kontras demi menstimulasi pikiran para murid.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.