Sukses

Heboh Video Kamar Penuh Tumpukan Sampah, Mungkin Alami Hoarding Disorder

Beberapa warganet menilai bahwa penghuni kamar indekos tersebut menderita hoarding disorder.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebuah video menampilkan kamar indekos penuh dengan tumpukan sampah viral di media sosial. Video yang diunggah oleh akun TikTok @nurambar00 itu merekam kamar indekos dengan berbagai macam sampah terdiri dari botol plastik minuman kemasan, kantong kresek, makanan, dan lain-lain.

Dalam keterangan unggahan dikatakan bahwa penghuni kamar tersebut merupakan wanita cantik. Namun, sang penghuni tak pernah bersosialisasi dengan tetangga.

Alhasil video tersebut mengundang komentar dari warganet. Mereka turut bersimpati kepada penghuni kamar kos tersebut untuk pergi ke psikolog atau mengajaknya mengobrol lantaran keadaan kamar yang tak wajar.

Beberapa warganet menilai bahwa penghuni kamar indekos tersebut menderita hoarding disorder. Hoarding disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan pederitanya gemar menimbun barang yang tak lagi terpakai.

Dikutip jurnal Dinamika Psikologis Wanita Dewasa Awal dengan Gangguan Compulsive Hoarding: Sebuah Studi Kasus (2016) oleh Grace Natasya, Hoarding Disoder ini menyebabkan penderita memiliki keinginan yang kuat untuk menyimpan barang tersebut karena rasa cemas dan takut akan terjadi sesuatu yang buruk jika barang tersebut dibuang.

Kondisi ini dapat menyebabkan penderita mengalami gangguan mental yang serius. Berikut ini beberapa faktor penyebab hoarding disorder yang sering dialami penderita:

1. Kebiasaan Menyimpan Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Penyebab hoarding disorder yang paling umum ialah menganggap barang tersebut dapat dipakai kembali. Kebiasaan sering menimbun barang-barang yang sudah tidak terpakai dan sering menunda untuk membuangnya, dapat menjadi penyebab seseorang menderita gangguan ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alami Trauma

2. Pernah Mengalami Peristiwa yang Tidak Menyenangkan

Penyebab hoarding disorder yang pertama ialah pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan. Beberapa penderita sering menimbun barang bekas terjadi setelah kejadian traumatis dan penuh tekanan.

Kondisi ini bisa memengaruhi penderita untuk menyimpan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak terpakai.

3. Menderita Gangguan Mental

Penyebab hoarding disorder berikutnya ialah menderita gangguan mental. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti mengalami kelainan pada fungsi otak, Memiliki anggota keluarga yang menderita hoarding disorder, bahkan mengalami cedera di kepala.

Selain itu, perkembangan psikologis juga berpengaruh besar bagi seseorang yang mengidap hoarding disorder.

4. Memiliki Kenangan Tersendiri

Salah satu penyebab hoarding disorder yang paling umum ialah memiliki sebuah kenangan yang sulit dilupakan. Seseorang yang memiliki kenangan atau peristiwa yang sulit dilupakan dapat meningkatkan risiko hoarding disorder.

Biasanya penderita akan menimbun semua barang yang memiliki kenangan dan sudah tidak terpakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.