Sukses

Penjelasan PCare BPJS Kesehatan, Manfaat dan Cara Daftarnya

Liputan6.com, Bandung - PCare atau Primary Care adalah sebuah program layanan kesehatan masyarakat yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

PCare sendiri merupakan nama aplikasi yang dibuat untuk memudahkan masyarakat di mana fasilitas yang diberikan adalah untuk menawarkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Fasilitas-fasilitas tersebut seperti kunjungan ke puskesmas, klinik, hingga laboratorium rujukan untuk pengguna BPJS Kesehatan. Adapun untuk mengakses PCare BPJS Kesehatan dikabarkan telah ada kebijakan baru yaitu perubahan link situsnya ke alamat yang baru https://pcarejkn.bpjs- kesehatan.go.id/eclaim.

PCare ini tidak hanya mengurus pelayanan faskes, tetapi juga dapat membantu dalam pelayanan vaksinasi Covid-19. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan layanan PCare ini untuk mendapatkan beberapa fasilitas tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

1. Pertama-tama, Anda dapat mengunjungi situs dari PCare Eclaim BPJS Kesehatan maupun mengunduh aplikasi resmi PCare dari BPJS Kesehatan.

2. Setelah itu lakukan registrasi, username dan password-nya sendiri dapat Anda dapatkan dengan mendaftar ke kantor BPJS terdekat. Jika registrasi telah selesai, Anda tinggal memasukan username dan password yang diperoleh setelah registrasi.

3. Kemudian, jika Anda telah masuk ke menu utama PCare, Anda tinggal memilih menu ‘pendaftaran’ ataupun ‘pelayanan’.

4. Kedua menu tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan beberapa fasilitas dari BPJS Kesehatan.

5. Menu ‘Pendaftaran’ dapat Anda gunakan untuk anda yang merupakan pasien berobat. Pendaftaran ini caranya dengan mengisi nomor BPJS peserta lalu mengklik bagian ‘cari’. Jika Anda adalah pasien faskes dari tempat bekerja, identitas pasien akan muncul secara otomatis.

6. Anda dapat melengkapi data yang kosong seperti jenis kunjungannya, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lain sebagainya. Setelah itu klik ‘simpan’.

7. Selanjutnya untuk menu ‘Pelayanan’, Anda dapat mengklik ‘entri data’ lalu klik menu ‘Pelayanan’ setelah itu Anda akan mengisi kolom yang kosong seperti terapi hingga diagnosis. Jika sudah, Anda tinggal klik ‘simpan’.

8. Bila selesai mengisi data-data pendaftaran, Anda telah berhasil mendaftar PCare BPJS Kesehatan.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.