Sukses

Tes Kepribadian: Sejarah, Manfaat dan Daftar Situs Onlinenya

Liputan6.com, Bandung - Tes kepribadian saat ini sedang ramai di kalangan masyarakat, bahkan bisa menjadi topik pembicaraan ketika seseorang bertanya apa hasil kepribadian Anda. Jika dilihat dari manfaatnya, tes kepribadian memang dapat membantu dalam menilai kepribadian manusia.

Tes ini sendiri juga mempunyai pengujian serta penilaian dari mengukur pola karakteristik yang ditunjukkan oleh seseorang dalam situasi tertentu. Kamu bisa melakukan tes kepribadian secara online atau untuk lebih yakin lagi kamu bisa mengunjungi dokter profesional di rumah sakit yang membuka layanan tes kepribadian.

Sejarah dari tes kepribadian ini muncul pada akhir abad ke-18 dan terkenal selama abad ke-19. Tes ini pada saat itu mempunyai metode yang mengukur bagaimana benjolan pada tengkorak manusia, kemudian dihubungkan dengan karakteristik kepribadian seseorang.

Namun saat ini tes tersebut dikenal dengan teori lima besar kepribadian yaitu ekstroversi, keramahan, neurotisisme, keterbukaan, hingga kesadaran. Tes kepribadian juga ada banyak jenisnya.

Dilansir dari Verywellmind, terdapat dua jenis dari tes kepribadian yaitu inventarisasi laporan diri hingga tes proyektif.

Inventarisasi laporan diri adalah tes kepribadian yang caranya dengan membaca pertanyaan serta menilai seberapa baik pertanyaan atau pernyataan tersebut.

Adapun tes proyektif adalah tes kepribadian yang mengaitkan orang tersebut dengan adegan, skenario yang tidak jelas, hingga objek tertentu dan memberikan makna terhadap objek-objek tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tes Kepribadian

Untuk melakukan suatu tes tentu dilihat juga apa manfaatnya dalam kehidupan. Meskipun ini hanyalah tes kepribadian, ada sejumlah manfaat atau tujuan untuk dilakukannya tes tersebut, misalnya seperti berikut:

Kamu jadi bisa mengetahui situasi ideal ketika mengalami masalah atau konflik yang terjadi dalam diri kamu, karena kamu mulai memahami bagaimana kepribadian dirimu dan solusi yang cocok untuk kamu hadapi.

Melihat sisi kuat dan sisi lemah yang kamu miliki, jika kamu bisa melihat keduanya maka kamu akan bisa menempatkan diri untuk bisa mengembangkan diri kamu sendiri.

Melihat dan memahami kepribadian seseorang akan mempunyai manfaat untuk menghadapinya, tidak hanya itu mengetahui kepribadian seseorang terutama untuk pekerjaan akan sangat membantu kamu dalam menyaring kandidat pekerja di perusahaan.

3 dari 3 halaman

Situs Tes Kepribadian

Melakukan tes kepribadian memang ada banyak sekali situsnya. Adapun kamu juga bisa melakukan tes oleh dokter profesional di rumah sakit. Namun jika kamu hanya ingin sekedar mencoba, kamu bisa melakukan tes di situs satupersen.net.

Satu persen sendiri adalah suatu startup pendidikan yang diklaim untuk mengajarkan pengetahuan serta kemampuan penting dalam hidup yang tidak diajarkan di sekolah. Startup ini juga mempunyai tujuan untuk orang-orang mempunyai identity aware, active problem solver hingga growth mindset. Mereka juga mempunyai layanan satu creative agency hingga training skill dasar psikologis.

Tes yang diberikan oleh situs satupersen adalah tes kepribadian MBTI dan menemukan diri dalam 16 tipe kepribadian MBTI. Cara mengikutinya kamu dapat mengunjungi situs https://satupersen.net/quiz/ dan perhatikan panduan dalam mengisinya sepertiberikut.

Jawab pertanyaan dengan jujur sesuai kepribadianmu karena waktu dalam menjawabnya juga tidak terbatas.

Isi dengan fokus dan dalam kondisi yang nyaman serta kondusif.

Isi proses tes sampai selesai karena jika di tengah-tengah pertanyaan kamu keluar tes harus diulang dari awal karena jawaban telah hilang.

Hasil tes pun dapat kamu lihat pada saat kamu telah menjawab semua pertanyaan dengan lengkap.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS