Sukses

5 Aktivitas Wisata Seru yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Derawan

Liputan6.com, Samarinda - Kepulauan Derawan menjadi salah satu daya tarik pariwisata Kalimantan Timur karena memiliki pesona alam yang memukau. Dari Kabupaten Berau, butuh waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan speed boat untuk sampai ke pulau ini.

Sebagai sebuah kepulauan, Derawan memiliki empat pulau yang cukup populer, yakni Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Keempat pulau tersebut memiliki keistimewaan dan keunikan masing masing.

Banyak hal dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan di sini. Apa saja?

1. Diving bersama kawanan penyu di Pulau Derawan

Penyu merupakan spesies yang banyak mendiami Pulau Derawan. Keistimewaan ini membuat Kepulauan Dewaran dinobatkan sebagai ekosistem penyu terbesar di Indonesia.

Ketika berada di Pulau Derawan, kamu tak perlu repot menunggu saat yang pas agar bisa melihat kemunculan penyu. Pasalnya, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak penyu yang berkeliaran di pulau ini.

Bahkan, kamu juga bisa menceburkan diri ke beningnya laut sembari berenang bersama penyu-penyu yang menggemaskan. Untuk dapat merasakan pengalaman diving, lokasi ini juga menyediakan persewaan peralatan diving yang lengkap. 

2. Snorkeling

Jika kamu tidak bisa berenang tetapi tetap ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Derawan, kamu bisa mencoba snorkeling. Kamu bisa menikmati setiap sudut di Kepulauan Derawan yang memiliki keindahan bawah laut dengan keistimewaannya masing-masing ini.

Jika ingin melihat bentuk kepiting kelapa, kamu bisa pergi ke dekat Pulau Kakaban dan Maratua. Sementara itu, untuk dapat bertemu paus dan lumba-lumba, kamu bisa menelusuri sekitar Pulau Semama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Tak hanya itu, di sekitar Pulau Panjang dan Pulau Semama kamu bisa melihat spesies duyung. Sedangkan kuda laut kerdil, umumnya berada di sekitar Pulau Semama dan Pulau Derawan. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

3. Bercengkrama dengan ubur-ubur tanpa takut tersengat

Danau Kakaban memiliki beragam spesies ubur ubur. Dikatakan, Danau Kakaban termasuk danau ubur ubur raksasa dengan spesies yang paling banyak di dunia.

Bahkan, ada empat spesies unik ubur-ubur langka yang jarang ditemukan di tempat lain, yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Uniknya, di sini kamu bisa menyentuh dan bermain bersama mereka tanpa perlu takut tersengat.

4. Menyaksikan rombongan ikan pari manta

Salah satu spesies yang mendiami perairan Derawan adalah ikan pari manta. Ikan-ikan tersebut hidup berkelompok dan kerap mucul di sekitar permukaan perairan untuk mencari makan.

Dalam satu kelompok jumlahnya bisa mencapai 50 ekor. Kamu bisa menikmati pemandangan indah ini dari kejauhan sambil duduk di tepi pantai.

5. Bersepeda

Selain menyelam dan menikmati keindahan bawah laut, kamu juga bisa menjelajahi setiap sudut wilayah ini dengan bersepeda. Tak perlu repot membawa sepeda dari rumah karena di sini kamu bisa menyewa sepeda sepuasnya dengan hannya membayar Rp. 25.000,- saja.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.