Sukses

Camilan dari Bahan Alami Bantu Program Diet Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Diet merupakan salah satu upaya menjaga berat badan agar tetap tampil ideal. Banyak cara dilakukan dalam menjalankan pola diet selain berolahraga.

Salah satunya dengan menjaga pola makan dan asupan yang dikonsumsi selama program diet berlangsung. Cara diet sehat perlu diperhatikan dan memerlukan ketelatenan dan paduan yang tepat untuk menjalankannya.

Dalam usaha menurunkan berat badan dan menjaga bentuk badan, dianjurkan memperhatikan konsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak sedikit orang menilai jika diet diharuskan untuk mengurangi jumlah asupan makanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini menu bisa diet sehat serta anjuran makan agar menjaga tubuh tetap stabil:

Sayur dan Buah

Sayur dan buah perlu dikonsumsi setelah mengkonsumsi makanan pokok, hal itu dimaksudkan untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi dalam badan kita.

Bukan hanya itu, kedua asupan makanan ini juga untuk mengantisipasi dari penyakit-penyakit kronis. Mengingat, sayur dan buah memiliki sejumlah manfaat bagi badan kita seperti vitamin, mineral, dan serat.

Berikut sejumlah sayur dan buah untuk menjalankan program diet :

- Apel

- Pisang

- Brokoli

- Wortel

- Anggur

- Paprika

- Kentang

Gandum Utuh

Beberapa ahli menyarankan untuk bisa mengombinasikan gandum utuh pada menu makanan diet yang sedang dikonsumsi. Hal itu karena, gandung utuh mengandung sejumlah mineral yang kaya seperti vitamin B9, zat besi, kalium, dan magnesium.

Selain membuat perut akan cepat terasa kenyang, gandum untuk juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk badan kita. Berikut sejumlah gandum utuh yang disarankan:

- Beras Merah

- Soba

- Oatmeal

- Roti Gandum

- Popcorn

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Protein Rendah Lemak

Protein pun menjadi sumber energi yang diperlukan tubuh, terutama dalam cara mengikuti diet yang sehat. Namun, terlalu banyak protein, terutama yang mengandung tinggi lemak, dapat membahayakan kesehatan, termasuk obesitas.

Melansir organisasi kesehatan dunia WHO, mengurangi jumlah asupan lemak total hingga kurang dari 30 persen membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Berikut sejumlah protein rendah lemah yang bisa dijadikan rekomendasi dalam program diet:

- Ikan

- Daging Putih

- Telur

- Tahu

- Kacang Polong

- Susu Rendah Lemak

Camilan Rendah Kalori

Bukan berarti dalam menjalankan program diet dilarang untuk mengkonsumsi camilan, karena sampai saat ini terdapat sejumlah cemilan yang memiliki kandungan rendah kalori dan gula yang rendah.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk membeli cemilan agar bisa melihat kandungan gizi yang terdapat dalam camilan. Berikut camilan yang bisa dikonsumsi selama menjalankan program diet:

- Keripik Kelapa

- Telur Rebus

- Yogurt

- Smoothies

- Edamame

Membatasi Gula dan Garam

Diet biasanya tidak akan berhasil tanpa mengurangi asupan gula, garam, dan minyak. Membatasi ketiga komponen ini dianggap cara efektif dalam menjalani diet.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan untuk membatasi porsi gula, garam, dan lemak melalui prinsip G4G1L5, yaitu:

- Gula 4 sendok makan per hari

- Garam 1 sendok teh per hari

- Lemak 5 sendok makan per hari

Demikian penjelasan sejumlah camilan yang bisa dikonsumsi selama jalankan program diet. Semoga dalam program diet yang dijalani akan tetap lebih berwarna dengan mengonsumsi camilan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.