Sukses

Cerita Jajanan di Bandung yang Pernah Viral di Masanya, Apa Kabarnya Kini?

Liputan6.com, Bandung - Bukan Bandung rasanya kalau tidak punya jajanan atau kuliner unik. Sebut saja Keripik Pedas Maicih hingga Odading Mang Oleh. Dalam beberapa tahun terakhir, jajanan-jajanan tersebut kerap menjadi viral karena adanya media sosial.

Kemunculan media sosial saat ini tak jarang memberikan tren-tren terbaru di kalangan anak muda. Berkat ketenarannya, akhirnya banyak orang yang ingin menjajal makanan tersebut.

Dampaknya, makin banyak penjual kuliner yang menjajakan makanan tersebut.

Ada sederet makanan dan minuman yang pernah hits di zamannya. Kisahnya juga berawal dari viral di media sosial.

Penasaran apa saja jajanan asal Bandung yang menjadi viral gara-gara di media sosial? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cerita jajanan Bandung yang pernah menjadi tren karena viral di media sosial.

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Keripik Pedas Maicih

Salah satu jajanan dari Bandung yang telah berhasil meraih kesuksesan adalah keripik pedas Maicih. Camilan keripik singkong pedas dan gurih serta renyah ini populer sejak 2010-an.

Sampai saat ini, Maicih merupakan produk UMKM dari Bandung. Tak sekadar produk viral, keripik ini sampai saat ini masih banyak dijumpai di mana-mana.

Tahu Bulat

Fenomena jajanan tahu bulat tidak hanya ramai diperbincangkan di Bandung, tetapi juga daerah lainnya. Tahu goreng yang sempat menjadi jajanan kekinian dan banyak diburu ini, sebenarnya hanyalah tahu biasa. Tahu goreng yang berbentuk bulat diberi bumbu pedas, asin atau gurih, bisa ditemukan di banyak tempat.

Penjual tahu bulat menggunakan mobil pikap ini juga terkenal dengan cara menjajakan jualannya yang unik, “Tahu bulat, dibeli dadakan, lima ratusan…”

Perusahaan game bernama Own Games asal Bandung sampai-sampai menciptakan game Tahu Bulat. Mungkin kamu juga salah satu pengguna yang pernah memainkannya.

3 dari 3 halaman

Odading Mang Oleh

Odading Mang Oleh pernah viral karena video penjualnya dipromosikan oleh seseorang bernama Ade Londok. Dalam video yang viral tersebut, kalimat cukup nyeleneh adalah "Rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Iron Man". Dalam video itu terselip juga beberapa kata-kata kasar yang juga diingat oleh masyarakat.

Efek viral dari video Ade Londok itu membuat kedai Mang Oleh ramai pembeli dan antre untuk dilayani di gerobaknya di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung. Sampai saat ini, Odading Mang Oleh masih berjualan di sekitaran Kosambi.

Bola Ubi Kopong

Salah satu jajanan Bandung yang juga viral adalah bola ubi kopong. Bola ubi dapat kamu temukan di tempat-tempat street food di Bandung, seperti misalnya di Lengkong Kecil terdapat sebuah stand bola ubi yang cukup viral di media sosial. Kuliner ini juga sempat diulas YouTuber Rhett and Claire di kanal mereka.

Seblak

Jajanan khas Bandung, seblak juga sempat ramai di media sosial. Jajanan yang identik dengan kuah pedas ini, sangat popular di kalangan anak muda. Saat menjadi tren, penjual seblak menjadi menjamur di mana-mana bahkan banyak dijumpai di luar Kota Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.