Sukses

Resep Bola Ubi Kopong, Jajanan Viral Khas 'Street Food' Bandung

Liputan6.com, Bandung - Jajanan di Bandung memang tidak pernah ada habisnya, selalu saja ada cemilan-cemilan baru yang viral berasal dari Bandung. Salah satu jajanan Bandung yang menarik untuk kamu coba adalah bola ubi.

Bola ubi dapat kamu temukan di tempat-tempat street food di Bandung, seperti misalnya di Lengkong Kecil terdapat sebuah stand bola ubi yang cukup viral di media sosial.

Namun bagaimana jika kamu ingin makan bola ubi tersebut tapi tidak sedang berada di Bandung? Jangan khawatir, kamu bisa membuat resep bola ubi sendiri dirumah baik untuk cemilan pribadi ataupun untuk kamu jadikan bisnis kecil-kecilan.

Dilansir dari salah satu video TikTok, akun @fenisusanti17 membagikan resepnya dalam membuat bola ubi kopong. Berikut resep bola ubi yang dapat kamu buat di rumah dengan mudah.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan Membuat Bola Ubi

Untuk membuat bola ubi terdapat beberapa bahan penting yang harus kamu persiapkan yaitu sebagai berikut.

路 Ubi cilembu 125 gram

路 Gula halus 20 gram

路 Tepung tapioka 50 gram

路 Baking powder double acting 1/4 sendok teh

路 Sejumput garam

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Bola Ubi

Jika bahan-bahan sudah dipersiapkan dengan lengkap, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut dalam membuatnya.

路 Pertama-tama kamu harus mengkukus ubi tersebut sampai matang, jika ubi sudah di kukus dengan matang kamu bisa mulai menghaluskannya sampai benar-benar lembut dan halus.

路 Jika ubi tersebut sudah halus kamu tinggal menambahkan bahan-bahan kering yang sudah dipersiapkan tersebut kedalam ubi dan di aduk campur secara merata.

路 Jika adonan sudah tercampur rata dan ubi juga sudah halus dengan bahan kering sebelumnya, kamu harus memastikan jika adonan tersebut sudah di uleni sampai kalis.

路 Perhatikan jika adonan agak susah untuk dibentuk kamu dapat memberikan sedikit air panas.

路 Setelah itu jika adonan sudah siap kamu tinggal membentuknya menjadi bulat, kemudian diamkan di dalam wadah selama 30 menit sampai 1 jam.

路 Setelah itu panaskan minyak dengan api kecil.

路 Jika minyak sudah panas masak bola ubi dan putar-putar perlahan menggunakan spatula.

路 Setelah itu jika adonan sudah berwarna cokelat kamu tinggal tekan-tekan ubi tersebut secara perlahan.

路 Tekanan pada ubi tersebut agar bola ubi bisa terbentuk menjadi kopong dan dapat dinikmati dengan enak.

Adapun akun @fenisusanti17 ini mengatakan bahwa keberhasilan dari membuat bola ubi kopong adalah tergantung dari bagaimana cara kita dalam menggoreng bola ubi tersebut.

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS