Sukses

Jalan-Jalan ke Maluku, Catat 5 Destinasi Wisata yang Bisa Jadi Pilihan

Liputan6.com, Ambon - Salah satu kawasan Indonesia timur yang menyimpan berbagai surga wisata adalah Maluku. Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Maluku, catat beberapa rekomendasi destinasi wisata berikut ini:

1. Museum Siwalima

Museum Siwalima Maluku cocok dijadikan pilihan destinasi untuk kamu yang ingin mempelajari adat istiadat rakyat Maluku di Ambon. Museum Siwalima terletak di kawasan Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Museum ini didirikan pada 8 November 1973 dan diresmikan pada 26 Maret 1977. Menyimpan banyak peninggalan benda-benda bersejarah, bangunan museum ini berada di atas bukit yang menghadap keeksotisan Teluk Ambon yang memesona.

Nama 'siwa' diambil dari kata ulusiwa yang bermakna sembilan, yang merujuk pada sembilan kerajaan dari wilayah selatan Maluku. Sementara itu, nama 'lima' diambil dari kata patalima, yakni lima kerajaan dari wilayah utara Maluku.

2. Desa Sawai

Desa Sawai di Maluku menyimpan pesona keindahan yang wajib dinikmati. Sebab, di sini terdapat Pantai Mata Air Belanda dan industri pembuatan sagu lokal.

Desa wisata yang berada di Pulau Seram, Maluku, ini memiliki keeksotisan alam yang masih sangat alami. Tempat wisata Maluku ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang menambah keindahan Laut Sawai.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Danau Rana

3. Danau Rana

Danau Rana merupakan danau terbesar di Provinsi Maluku yang terletak di pedalaman Pulau Buru. Oleh masyarakat Pulau Buru, danau ini dianggap sebagai tempat yang suci.

Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di Provinsi Maluku setelah Pulau Seram. Danau Rana terletak di Kecamatan Air Buaya sekitar 63 km dan berada pada ketinggian 73 Mdpl.

Suku Rana percaya, nenek moyang mereka yang diyakini sebagai dewa, hidup di 'tanggal' gunung dan di danau 'Rana'. Air yang tenang dan jernih serta dipenuhi dengan teratai di atasnya, melengkapi keelokan danau ini.

4. Pulau Pombo

Provinsi Maluku terbagi menjadi beberapa pulau. Hal tersebut membuat sepanjang batas daratan dan laut Maluku terdapat pantai.

Rata-rata pantai di Maluku berpasir putih, salah satunya Pantai Pulau Pombo. Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon.

Luasnya tidak terlalu besar, yakni hanya 4 km persegi saja. Namun, beragam pesona alam serta ketenangannya bisa kamu dapatkan jika berpelesir ke sini.

5. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa memiliki pasir berwarna putih yang cukup populer di kalangan wisatawan. Putihnya pasir yang bertemu dengan biru jernihnya laut menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.