Sukses

Luncurkan Studio Podcast, Founder Nurani Bicara Ingatkan Profesionalisme Wartawan

Media siber Nurani Bicara resmi berdiri di Blora.

Liputan6.com, Blora - Founder Media Siber Nurani Bicara Ahmad Adirin mengingatkan teman-teman jurnalis tetap menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugasnya. Termasuk menjaga keakraban antarsesama profesi dalam menjalankan tugasnya sebagai insan pers.

"Mari kita jaga kebersamaan untuk menjaga keakraban dalam berinsan pers, bersama menegakkan keadilan yang independen, demi terciptanya kesejahteraan masyarakat Blora, khususnya dan Indonesia pada umumnya," ungkap Ahmad Adirin dalam sambutannya dalam peluncuran kantor podcast Nurani Bicara, di ruko Blok S nomor 11, Jepon, Blora, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, podcast ini merupakan ikhtiar dan salah satu impian bersama dalam mewujudkan wadah pelengkap adanya media group. Salah satu tujuannya dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat luas.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, kami sangat berharap semua yang hadir di sini dan semua pihak dapat mendukung serta berpartisipasi bersama, untuk memajukan keberadaan media Nurani Bicara," kata Adirin, yang juga jurnalis media nasional Liputan6.com

Adirin mengaku masih banyak yang perlu diperbaiki untuk menunjang kemajuan media siber Nurani Bicara. Sehingga, pihaknya sangat terbuka untuk mendapatkan masukan dan kritik dari semua pihak untuk perkembangan bersama.

"Kami di sini masih harus banyak belajar untuk perbaikan ke depannya sebagai pelopor dan penggiat media group Nurani Bicara yang dapat diterima banyak pihak dan melekat di hati masyarakat," terangnya.

Untuk mewujudkan itu, Adirin berharap semua rekan-rekan sesama media, khususnya tim Nurani Bicara bisa profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis. Termasuk, teman-teman ketika bertugas juga mematuhi kode etik jurnalistik.

“Walaupun kita berbeda tetap kita satu profesi, yakni manut kode etik jurnalistik dengan tetap menjunjung tinggi UU Pers nomor 40 tahun 1999,” ungkapnya.

Sebatas diketahui, Bupati Blora Arief Rohman hadir dalam launching kantor dan podcast Nurani Bicara, Minggu (11/9/2022). Orang nomor satu di Blora itu juga secara perdana menjadi narasumber di acara podcast Nurani Bicara dengan tema Sesarengan Mbangun Blora.

Lebih lanjut, launching tersebut di hadir Kapolres Blora, Kapolres Kudus, Dandim Blora, sejumlah tokoh masyarakat, dan beberapa pihak terkait lainnya. Termasuk, hadir pula anggota DPRD Blora, teman-teman media Tuban, Bojonegoro, dan lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Nurani Bicara

Nurani Bicara merupakan perusahaan media siber yang mengulas dan mengabarkan seputar berita Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nasional. Ahmad Adirin mengatakan, passion utama Nurani Bicara adalah memberikan informasi berita terbaru secara lugas, tegas, dan berani bicara sesuai nurani.

Adirin menjelaskan, Nurani Bicara didirikan pada akhir 2020, dengan diawali berdirinya situs NuraniBicara.com. Pertengahan 2022 dikembangkan mealui situs NuraniBicara.id yang dikelola sejumlah pihak, meliputi para jurnalis lokal daerah, praktisi hukum, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga yang aktif menulis blog.

"Nurani Bicara sempat vakum hampir selama satu tahun pada tahun 2021 lantaran awalnya untuk mengembangkan media rintisan ini belum mampu secara finansial, serta menyediakan konten berkualitas secara kontinyu," katanya.

Setelah vakum, baru pada 2022 ini tim Nurani Bicara kembali bangkit dengan kehadiran dan dukungan sejumlah pihak, antara lain Rahmad Habibi Nasution, Gunawan Dwi Hananto, Dety Rina, dan Teguh Arianto.

"Mereka memiliki passion dan komitmen yang sama yakni ingin bersama-sama untuk menyeriusi Nurani Bicara agar semakin berkembang dan benar-benar bisa didedikasikan menjadi wadah peradaban ilmu. Kemudian, Rahmad Habibi Nasution disepakati menjadi Pemimpin Redaksi Nurani Bicara," beber Adirin.

Dengan tetap menggandeng sejumlah tim lama yakni Dety Rina dan Teguh Arianto, Nurani Bicara akhirnya punya kantor sekaligus studio podcast sendiri yang beralamatkan di Ruko Blok S Nomor 11, Seso, Jepon, Blora, Jawa Tengah.

Saat ini tim Nurani Bicara sudah berjumlah belasan orang dari sejumlah daerah meliputi dari Blora, Rembang, Bojonegoro, Tuban, Kudus, Pekalongan, dan Labuhan Batu.

"Tak menutup kemungkinan, akan bertambah lagi dan tentunya dengan tetap ikhtiar mengedepankan karya yang baik dan taat kode etik jurnalistik yang ditetapkan Dewan Pers," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adirin menjelaskan Nurani Bicara resmi menjadi perusahaan media yang berbadan hukum sendiri yakni PT Nurani Kita Bicara dengan SK. Menkumham RI Nomor: AHU-0052093.AH.01.01.Tahun 2022, sejak 03 Agustus 2022 lalu.

"Perusahaan media siber Nurani Bicara memiliki tim redaksi yang bertanggungjawab membesarkan dan mengelola website NuraniBicara.com dan NuraniBicara.id secara bersama-sama," tegasnya.

Sebagian tim redaksi Nurani Bicara ini sebelumnya juga mengelola media Kabar Blora dengan website KabarBlora.com. Pada tahun ini, kemudian berkolaborasi dan berdiri bersama-sama menjadi media grup Nurani Bicara.

Kabar Blora sendiri merupakan media siber yang secara resmi dibentuk oleh Tim Menara Ilmu Sosial Politik KPI (Kanal Pengetahuan Informasi) Filsafat UGM, sejak 21 Agustus 2017, dalam rangka pengembangan jurnalistik dan publikasi baik secara akademik maupun non akademik/umum.

Kanal Pengetahuan informasi Fakultas Filsafat sendiri merupakan unit lembaga dibawah Fakultas Filsafat yang dilegitimasi dalam Surat Keputusan Dekan Nomor: 2033/FI/SK/2016.

Dalam perjalanannya, KabarBlora.com pada tahun 2022 ini berkolaborasi dan berdiri menjadi media grup bersama Nurani Bicara yang terdiri dari sejumlah orang dengan tanggungjawab yang sama tetapi sedikit berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini