Sukses

Kriuk! Tips Menggoreng Tempe yang Garing dan Renyah

Untuk dapat menghasilkan tempe yang garing dan renyah, ikuti beberapa tips menggoreng tempe berikut

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi sebagian besar orang Indonesia, tempe menjadi salah satu bahan makanan favorit yang nikmat. Tak hanya sebagai pendamping nasi, tempe juga tetap nikmat dijadikan cemilan saat sedang bersantai.

Selain harganya yang terjangkau, tempe juga kaya manfaat. Salah satu olahan tempe yang mudah dibuat dan rasanya enak adalah tempe goreng.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, sangat cocok dijadikan cemilan atau lauk pauk. Untuk dapat menghasilkan tempe yang garing dan renyah, ikuti beberapa tips menggoreng tempe berikut: 

1. Cara memilih tempe

Ketika berbelaja di pasar atau supermarket, tidak semua tempe yang dijual sudah berbentuk tempe pada umumnya. Sering kali, tempe yang masih berbentuk kedelai atau bahkan yang sudah terlalu matang (semangit) juga masih dipajang.

Pilih tempe yang kematangan dan kepadatannya pas. Akan lebih mudah memilih tempe yang terbungkus plastik bening karena akan terlihat tingkat kematangannya.

Namun, jika yang dijual adalah tempe yang dibungkus daun pisang, biasanya tertulis kapan tempe akan matang. Jika masih ragu, kamu bisa bertanya langsung kepada penjual.

2. Cara mengiris tempe

Usahakan untuk mengiris tempe dengan irisan yang tidak terlalu tebal. Tempe yang diiris terlalu tebal akan membuat bagian dalam tempe tetap basah meski telah digoreng dalam waktu yang cukup lama.

Sebaiknya, iris tempe dengan ketebalan tidak lebih dari 1 sentimeter. Semakin tipis, akan semakin renyah teksturnya saat matang.

3. Jangan lewatkan proses marinasi tempe

Jika ingin menggoreng tempe dengan cita rasa gurih dengan bumbu yang meresap, maka kamu wajib me-marinasi tempe. Marinasi adalah proses merendam makanan dalam cairan bumbu.

Kamu bisa membuat bumbu marinasi sendiri yang terbuat dari bawang putih yang dihaluskan, ketumbar, garam, kunyit, serta lada. Saat ini juga sudah tersedia bumbu instan marinasi tempe yang bisa langsung digunakan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Jumlah Minyak

4. Menggoreng dengan minyak yang banyak (deep frying)

Untuk menghasilkan tempe goreng yang garing, disarankan agar kamu menggoreng tempe dengan metode deep frying. Metode ini menggunakan minyak dengan jumlah yang cukup banyak.

Tak perlu terlalu banyak, cukup minyak yang dapat merendam tempe saat digoreng. Gunakan api sedang yang stabil saat menggoreng agar tempe garing dan renyah di luar hingga dalam.

5. Tempe goreng tepung

Berbeda dengan tips di atas, untuk tempe goreng tepung sebaiknya gunakan tepung yang mampu membuat tempe goreng lebih renyah dan krispi sebagai bumbu. Tambahkan tepung beras atau tepung maizena sebagai adonan.

Adonan tersebut dapat membuat tempe goreng tepung renyah dan garing. Selain itu, tepung beras juga akan membuat kerenyahan tempe goreng tahan lebih lama.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.