Sukses

TNI AU Investigasi Insiden Pesawat Tempur Pecah Ban hingga Tergelincir di Pekanbaru

TNI Angkatan Udara di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru tengah menyelidiki insiden Pesawat Hawk 100/200 yang tergelincir di landasan pacu.

Liputan6.com, Pekanbaru - TNI Angkatan Udara di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru tengah menyelidiki insiden Pesawat Hawk 100/200 yang tergelincir di landasan pacu. Pesawat tempur itu ringsek hingga meluncur ke semak-semak.

Kejadian pesawat tempur tergelincir itu berlangsung saat take off. Saat itu, pesawat tengah mengambil ancang-ancang dari runway nomor 36.

"Tujuannya runway 18 dan tergelincir," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri SAg, Selasa siang, 23 Agustus 2022.

Hasil penelusuran sementara, penyebab pesawat tergelincir karena pecah ban bagian kiri belakang. Hingga kini penyebab pecah ban masih ditelusuri.

"Ini terjadi saat latihan rutin," jelas Zukri.

Zukri menyatakan kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Pilot berhasil keluar dari ruang kendali pesawat hawk dan sudah mendapatkan perawatan medis.

"Pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAU dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin," kata Zukri.

Zukri menyebut insiden ini tidak mengganggu lalu lintas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Pendalaman insiden ini tengah dilakukan tim investigasi," kata Zukri.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.