Sukses

Jangan Asal Tempel, Ini 6 Cara Pakai Sheet Mask yang Benar untuk Hasil Optimal

Liputan6.com, Yogyakarta - Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami, seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp (bubur kertas) dari kelapa. Sheet mask menjadi facial treatment yang kerap menjadi pilihan banyak orang karena mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembab, fresh, dan glowing.

Penggunaannya yang cukup praktis juga membuat sheet mask lebih banyak disukai dibandingkan dengan masker bubuk. Sayangnya, karena kepraktisannya pula, banyak yang meremehkan cara menggunakan sheet mask.

Sheet mask tidak hanya asal ditempel pada wajah, berikut ini beberapa cara pakai sheet mask yang benar untuk memaksimalkan fungsinya. 

1. Pastikan wajah sudah siap dan bersih

Dalam sheet mask, terdapat kandungan essence yang memberikan manfaat untuk kulit. Maka dari itu, sebelum menggunakannya kamu harus memastikan wajah dalam keadaan siap dan bersih.

Siap dalam hal ini yaitu dengan melakukan double cleansing dan menggunakan toner sebelum memakai sheet mask. Masalahnya, jika kamu tidak melakukan double cleansing dengan micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm dan dilanjutkan dengan sabun pencuci muka, maka wajah yang kotor akan menyebabkan kuman dan kotoran menempel pada kulit wajah.

Hal itu akan membuat kandungan dalam sheet mask tidak bekerja optimal. Selain memberi efek segar sekaligus mempersiapkan kulit wajah, penggunaan toner juga dapat membantu kandungan di dalam sheet mask lebih terserap dengan baik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Simpan di Kulkas

2. Menyimpan sheet mask di kulkas

Sheet mask yang disimpan di dalam kulkas akan menjadi dingin. Sehingga memberikan sensasi kesegaran pada kulit saat dipakai.

Jika kamu memakai sheet mask pada pagi hari atau sebelum beraktivitas, efek menyegarkannya bisa membuat kulit wajah lebih siap untuk menggunakan makeup. Sedangkan, jika kamu menggunakan sheet mask pada malam hari, sensasi dinginnya yang menyegarkan akan memberikan efek relaksasi atau menenangkan.

3. Perhatikan durasi pemakaian

Jika kamu berpikir semakin lama menggunakan masker akan membuat wajah semakin halus, maka kamu salah. Memakai sheet mask terlalu lama apalagi sampai mendiamkannya semalaman saat tidur, hanya akan membuat kulit rusak.

Selain itu, efek essence yang ada pada sheet mask bisa menguap, sehingga kulit tidak bisa menyerap fungsinya dengan baik. Hal ini karena masker lama-kelamaan akan kering, sehingga akan menarik kelembaban alami yang ada pada wajah.

Untuk itu, cukup gunakan masker sesuai dengan waktu yang disarankan pada kemasan. Rata-rata penggunaan sheet mask berkisar antara 10 sampai 20 menit.

3. Pijat wajah

Memijat wajah saat menggunakan masker berguna untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan rileks. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu mengurangi keriput dan dapat meredakan area wajah yang bengkak, seperti bawah mata, leher, dan dahi.

Kamu bisa memijat area wajah dengan face roller atau ujung-ujung jari agar sirkulasi darah semakin lancar. Pijat area wajah terutama area pipi, hidung, dan dahi agar serum atau essence yang terkandung dalam sheet mask bisa terserap dengan baik.

4. Jangan buang sisa sheet mask yang tertinggal di kemasan

Pada saat membuka sheet mask, biasanya akan banyak sisa essence atau serum yang tertinggal di kemasannya. Sayang, kan, jika essence dalam sheet mask terbuang sia-sia?

Kamu bisa menampung sisa serum atau essence tersebut di dalam wadah kecil. Gunakan sisa tersebut saat sesi maskeran selesai.

Kamu juga bisa menggunakannya di area leher, tangan, siku, kaki, atau bagian kulit yang terasa kering. Dengan cara ini, tidak akan ada serum atau essence yang tersisa.

 

3 dari 3 halaman

Kunci dengan Pelembab

5. Kunci dengan pelembab

Setelah serum dan essence dari sheetmask agak kering di wajah, oleskan pelembab yang biasa kamu gunakan. Secara tidak langsung, cara ini akan menghalangi serum yang sudah terserap kulit wajah menguap keluar.

Gunakan sheet mask yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulitmu. Setiap varian sheet mask memiliki kandungan manfaat tersendiri bagi kulit.

Misalnya, masker yang memiliki kandungan hydrating untuk kulit kering, brightening untuk wajah yang kusam, atau anti-aging untuk kulit yang mulai muncul tanda-tanda penuaan. Penggunaan sheet mask yang tepat sesuai jenis atau kondisi kulit akan mampu memberikan hasil yang maksimal.

6. Jangan dibilas

Tak sedikit orang yang beranggapan jika setelah memakai sheet mask, maka wajah perlu dibilas dengan air. Padahal, yang perlu kamu lakukan setelah menggunakan sheet maak yakni menepuk-nepuk lembut wajah agar sisa essence yang masih ada pada wajah menyerap ke kulit dengan baik.

Setelah itu kamu cukup menguncinya dengan pelembab. Mencuci wajah setelah memakai sheet mask justru akan membuat kandungan di dalam masker terbuang sia-sia.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS