Sukses

Ambisi Pemuda Asal Garut Harumkan Nama RI dalam Ajang Balap Sepeda Dunia

Dalam kejurnas balap sepeda Indonesia National Championship (INC) 2022 kategori enduro di Banyuwangi Juli lalu, Rama berhasil meraih podium tertinggi sebagai Men Elite.

Liputan6.com, Garut - Rama Teguh Adi Pratama (22), pamuda asal Garut, Jawa Barat, siap mengharumkan nama Indonesia di kancah kejuaraan balap sepeda dunia "Enduro World Series 2022" September mendatang.

"Alhamdulillah saya rider satu-satunya yang mendapatkan undangan dari Indonesia," ujarnya di halaman kantor Bupati Garut, Senin (8/8/2022).

Menggunakan setelah kaus sport merah putih biru plus kalungan medali emas kejurnas balap sepeda di Banyuwangi beberapa waktu lalu, Rama menyatakan kesiapannya mengikuti ajang bergengsi balap sepeda dunia kategori enduro pada 9 September 2022.

"Jelas sebuah pengalaman hebat, kebanggaan bagi negeri termasuk masyarakat Garut," ujar dia.

Dalam kejurnas balap sepeda Indonesia National Championship (INC) 2022 kategori enduro di Banyuwangi Juli lalu, Rama berhasil meraih podium tertinggi sebagai Men Elite.

"Ikhtiar (persiapan) di sini luar biasa sudah maksimal mohon doa dukungan dari masyarakat Garut, agar senantiasa diberikan keselamatan dan keberkahan," dia meminta.

Anggota klub balap sepeda Evil Lintink Team itu menyatakan, pertama kali mendapatkan undangan kejuaraan Enduro World Series pada 2020 lalu, tetapi karena pandemi Covid-19 tengah menghantui masyarakat dunia, akhirnya panitia membatalkan kejuaraan.

"Untuk kejuaraan kali saya mendapat undangan sebagai juara satu over all Asia Fasifik di Chiang Mai Thailand 2020 lalu," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil 3 Series

Dalam kejuaraan dunia Enduro World Series 2022 kategori enduro yang akan diikutinya kali ini, Rama bakal tampil di tiga series kejuaraan yakni Swiss, Francis, dan Italia, dari delapan series yang dipertandingkan. "Nanti finalnya di Italia," kata dia.

Ia berharap dengan segudang prestasi di dalam negeri di kelas enduro, tiga kejuaraan dunia balap sepeda kelas enduro kali ini, mampu mengharumkan nama Indonesia sebagai kado terindah perayaan ke-77 HUT RI tahun ini.

"Saya juga ingin mengetahui medan perang (kejuaraan dunia) yang akan dijalani selanjutnya," kata dia.

Ari Ismail, salah satu sponsor pendukung Rama dalam kejuaraan dunia tersebut mengaku bangga dengan torehan prestasi di dalam negeri. "Potensinya 1000:1 bila dibanding di Garut," kata dia.

Dengan sejumlah persiapan yang dilalui, Ari berharap Rama mampu menorehkan prestasi membanggakan bagi Indonesia. "Saya berharap agar atlet-atlet Garut lainnya bisa seperti Rama," kata dia.

Ketua Pengcab ISSI Garut Dian Hasanudin mengatakan, munculnya Rama menjadi atlet kebanggaan negeri dari Garut, mampu menggugah pemerintah daerah (Pemda) Garut, untuk turut serta memajukan olahraga balap sepeda.

"Minimal memberikan, memfasilitasi dari segi prasarana, pelatih termasuk pelatihan, sehingga potensi bibit atlet bisa diarahkan sedini mungkin," dia berharap.

Hal senada disampaikan pembina ISSI Garut Wawan Hernawan. Menurutnya, munculnya sosok atlet nasional Rama ke permukaan menjadi diharapkan mampu menjadi contoh generasi muda Garut untuk turut berprestasi bagi negeri.

"Asal tersalurkan dengan baik, maka kaum muda yang memiliki semangat tinggi bisa mengharumkan nama bangsa," ujar KBO Intel Polres Garut tersebut. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.