Sukses

Cek 16 Tipe Kepribadian MBTI, Apa Itu?

Liputan6.com, Yogyakarta - Ternyata tipe kepribadian seseorang tidak hanya sebatas introvert dan eksrtovert. Lebih dari itu, ada tiga klasifikasi lain yang berkaitan dengan kepribadian seseorang.

Selain introvert (I) - ekstrovert (E), tiga klasifikasi lain yang dimaksud, yakni Sensing (S) - Intuition (N), Thinking (T) - Feeling (F), dan Judging (J) - Perceiving (P). Empat klasifikasi atau domain tersebut dikembangkan oleh Briggs dan Myers, yang akhirnya menggagas 16 tipe kepribadian yang diklasifikasikan dalam The Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

Ibu dan anak ini mengembangkan tes kepribadian MBTI berdasar pada tipologi kepribadian Carl Jung, tokoh yang memopulerkan istilah introvert dan ekstrovert. Secara umum, tes kepribadian MBTI diartikan sebagai metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Introvert (I) adalah kepribadian yang cenderung aktif dalam pemikiran, merasa lebih berenergi saat menggunakan waktunya secara personal, serta menghargai interaksi yang intim dengan sedikit orang. Sebaliknya, ekstrovert (E) adalah kepribadian yang berorientasi pada kuantitas interaksi sosial, bersemangat menghabiskan waktu dengan orang lain, dan berorientasi pada tindakan alih-alih pemikiran.

Pada klasifikasi kedua, Sensing (S) adalah tipe yang secara mandiri mempelajari lingkungan sekitar. Tipe ini belajar hal-hal baru dengan terlibat langsung (learning by doing).

Pola pemikiran tipe kepribadian MBTI ini cenderung realistis dan praktis. Sebaliknya, tipe Intuition (N) cenderung berpikir abstrak, berimajinasi, dan mengandalkan intuisi.

Selanjutnya, seseorang yang memutuskan secara impersonal berdasarkan data empiris dan fakta adalah tipe Thinking (T), yang cenderung logis dan konsisten. Sedangkan tipe Feeling (F) membuat keputusan berdasarkan emosi yang dirasakan, kata hati, bahkan turut mempertimbangkan orang lain.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Judging

Terakhir, Judging (J) adalah tipe kepribadian MBTI yang cenderung bersikap tegas dan teguh pendirian. Sebaliknya, tipe Perceiving (P) adalah mereka yang cenderung fleksibel, adaptif, bahkan dengan hal-hal yang belum pernah dihadapi maupun terlintas di pikiran sebelumnya.

Klasifikasi atau domain tersebut, digunakan untuk membedakan 16 kepribadian dalam MBTI, di antaranya ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INTP, INTJ, INFP, ESTJ, ESTP, ESFJ, ESFP, ENFJ, ENTP, ENTJ, dan ENFP.

Saat ini, sudah banyak laman yang bisa diakses untuk melakukan tes kepribadian ini dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Laman-laman tersebut biasanya berisi beberapa pertanyaan tentang diri sendiri yang bisa diakses secara gratis.

Jika kamu ingin melakukan tes ini, kamu hanya perlu mengisi pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur dan sesuai dengan dirimu. Dengan demikian, kamu akan lebih mengenal diri sendiri.

Kamu bisa mengakses www.16personalities.com, www.satupersen.com, atau www.sakinorva.net. Tes ini tidak bisa dikatakan akurat karena akan berubah seiring bertambahnya usia yang memengaruhi pola pikir seseorang.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS