Sukses

Lip Scrub, Lip Balm, Lip Serum, Lip Sleeping Mask, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Yogyakarta - Memiliki bibir yang sehat dan lembab bisa meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, perawatan bibir (lip care) juga tidak boleh dilewatkan.

Saat ini, sudah banyak produk lip care, seperti lip scrub, lip balm, lip serum, dan lip sleeping mask, yang beredar di pasaran. Namun, banyaknya jenis lip care yang ada di pasaran, seringkali membuat orang bingung harus memilih yang mana.

Apa saja, sih, perbedaan dari produk-produk tersebut? Simak hal-hal berikut:

1. Manfaat

Meski sama-sama berfungsi untuk merawat dan menutrisi kulit bibir, ternyata setiap produk lip care juga memiliki manfaat yang lebih spesifik. Lip balm adalah produk perawatan bibir yang paling umum dikenal.

Penggunaan lip balm bisa membantu melembabkan dan mencegah bibir kering. Umumnya, lip balm hanya mampu melindungi bibir dari luar saja, sehingga kurang mampu memberikan nutrisi dari dalam.

Jika kamu memiliki permasalahan kulit bibir kering, pecah-pecah, dan gelap, lip serum bisa menjadi solusi. Berbeda dengan lip balm, lip serum bisa menutrisi kulit dari dalam, sehingga akan memberikan hasil maksimal dan menjadikan bibir pink alami.

Selanjutnya, lip scrub yang memiliki fungsi yang sama dengan body scrub. Lip scrub membantu mengangkat sel kulit mati dan mengeksfoliasi kulit bibir.

Berbeda dengan ketiga lip care di atas yang bisa dipakai kapan pun, lip sleeping mask hanya bisa digunakan saat malam hari atau sepanjang malam. Penggunaan lip sleeping mask bisa membuat bibir lebih sehat, lembab, dan plumpy di pagi hari.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Formula

2. Formula

Dari segi formula, beberapa produk lip care ini dibuat dengan formulasi yang berbeda-beda untuk mengoptimalkan fungsinya. Lip balm umumnya dibuat dalam bentuk stick atau padat.

Kandungan di dalam lip balm berisi berbagai bahan yang dapat membantu melembabkan bibir, seperti shea butter, essential oil, dan vitamin E. Manfaat utama dari kandungan tersebut adalah untuk melindungi bibir dari sinar UV ataupun udara luar yang ekstrim, sehingga kulit bibir tidak mudah kering.

Sedangkan lip serum yang berfungsi menutrisi dari dalam dan membantu mengembalikan kecerahan kulit bibir, biasanya bertekstur cair dengan kandungan yang lebih lengkap. Kandungan seperti jojoba oil, olive oil, dan zat-zat antioksidan biasanya terdapat dalam lip serum.

Selanjutnya, pada lip scrub mengandung butiran gula yang halus, madu, dan petroleum jelly yang berfung mengeksfoliasi bibir. Butiran gula yang cukup halus inilah yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Terakhir, lip sleeping mask yang digunakan sepanjang malam ini memiliki formula yang lebih lengkap dibandingkan produk lip care lainnya. Produk lip sleeping mask biasanya mengandung bahan-bahan yang bantu melembapkan, menutrisi, menghidrasi, serta merawat bibir secara optimal.

 

3 dari 3 halaman

Cara Pakai

3. Cara pakai

Setelah mengetahui manfaat dan formula dari masing-masing lip care tersebut, selanjutnya adalah perbedaan dari cara pemakaian. Lip balm bisa digunakan pagi hari setelah penggunaan lip serum.

Ketika bibir terasa kering, kamu juga bisa mengaplikasikan lip balm untuk membantu melembabkan bibir. Selain itu, lip balm juga bisa digunakan sesaat sebelum memakai produk bibir yang bertekstur matte untuk menghindari bibir pecah-pecah.

Caranya, aplikasikan lip balm beberapa menit sebelum memakai lip matte atau lip cream yang bertekstur matte. Setelah dirasa cukup lembab, hapus sisa lip balm kemudian aplikasikan lip matte atau lip cream tersebut.

Sama seperti lip balm, lip serum juga bisa digunakan saat pagi hari sebelum pemakaian lipstik, terutama yang sifatnya matte. Tapi, jika bibirmu benar-benar sedang kering, kamu juga bisa menggunakan lip serum saat malam hari agar lebih maksimal.

Caranya, aplikasikan serum pada bibir yang sudah dibersihkan, tunggu beberapa menit agar serum meresap sempurna sebelum pemakaian lip sleeping mask.

Selanjutnya, pemakaian lip scrub yang terbilang cukup berbeda dari produk lip care lainnya. Sebelum mengaplikasikan lip scrub, pastikan bibir kamu bersih dari sisa makanan atau lipstik.

Setelah bersih, gosokkan scrub dengan halus dan lembut untuk menghindari iritasi. Kemudian, bersihkan sisa scrub dengan kain lap bersih atau bilas dengan air.

Terakhir, lip sleeping mask. Sesuai namanya, produk lip care jenis ini digunakan saat menjelang tidur malam. Produk yang berfungsi mengunci seluruh produk perawatan bibir dan membantu menutrisi bibir sepanjang malam ini bisa kamu gunakan dengan atau tanpa pemakaian lip serum.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan beberapa produk lip care sebelum mengaplikasikan lip sleeping mask. Aplikasikan lip scrub, dilanjutkan lip serum, dan diakhiri dengan lip sleeping mask.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS