Sukses

Tips Merawat Sepatu Agar Tampak Selalu Baru

Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk merawat sepatu kesayangan kalian.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sejak dahulu penampilan menjadi poin penting yang perlu diperhatikan setiap insan. Di masa yang kian berkembang penampilan menjadi salah satu hal penting untuk menunjukkan gaya hidup seseorang.

Kini orang dapat menunjukkan penampilan kerennya lewat media sosial. Maka penampilan dari ujung kepala hingga ujung kaki tidak boleh terlewat mendapatkan sentuhan spesial.

Hal tersebut guna penampilan terlihat 'on point'. Itulah istilah anak-anak zaman sekarang untuk menunjukkan bahwa penampilan seseorang sudah mencapai taraf sempurna.

Penampilan tidak hanya terpaku pada busana. Sepatu pun bagian penting dari penampilan. Banyak jenis sepatu yang kini banyak dipilih berbagai kalangan untuk menjadi bagian dari gaya hidupnya. Mulai dari sepatu berjenis kats, sneakers, pantofel, kulit, hingga flat shoes.

Akan tetapi, terdapat berbagai ‘penyakit’ yang sering ‘menghantui’ para pecinta sepatu. Pada umumnya, sepatu mudah berubah warna menjadi kusam, berbau tak sedap, hingga berubahnya bentuk yang tak sama seperti sedia kala.

Di samping itu, terdapat berbagai bahaya bila kita tidak merawat sepatu dengan tepat. Beberapa di antaranya seperti risiko terkena jamur pada kulit kaki, bau kaki, mata ikan, dan sepatu kecintaan dapat menjadi sumber bakteri.

Maka dari itu, sepatu juga perlu dirawat dan diberikan perhatian khusus. Saat ini, berbagai cara merawat sepatu juga telah berkembang. Hal tersebut guna menjaga kualitas sepatu agar terus tampak seperti baru.

Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan untuk merawat sepatu kesayangan kalian, dikutip dari akun Instagram flapshoescare.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepatu Kusam atau Menguning

Pada umumnya sepatu sangat mudah mengalami perubahan warna seperti menguning ataupun kusam. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perawatan yang kurang maksimal. Selain itu sepatu yang dibiarkan kotor terlalu lama juga dapat mengalami oksidasi. Oksidasi tersebutlah yang menyebabkan warna sepatu menguning dan kusam.

Untuk menghindari perubahan warna pada sepatu, kalian dapat menggunaka cairan khusus pembersih sepatu yang dapat mempermudah perawatan sepatu agar tetap awet.Selain itu, bagi kalian yang memiliki berbagai jenis sepatu berwarna putih, sediakanlah whitenin powder premium untuk menghilangkan noda kuning dan jamur. Bila tidak, kalian dapat menggunakan baking soda dan cuka, penghapus cat kuku, magic eraser pasta gigi, lemon, ataupun sabun cuci piring.

 

3 dari 4 halaman

Bau Tidak Sedap pada Sepatu

Perawatan yang kurang tepat dan tidak konsisten dapat menimbulkan bau tidak sedap pada sepatu. Untuk menjaga sepatu agar tetap harum kalian dapat menggunakan parfum sepatu yang mengandung anti bacterial dengan perpaduan essensial oil dan antiseptic. Selain itu, jika sepatu digunakan setiap hari cucilah sepatu sebanyak 2—3 kali dalam seminggu.

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Tanpa perlu dicuci, kalian dapat menggunakan kantong the hitam, garam, minyak astiri, baking soda, kopi, hingga koran untuk diaplikasikan dan diletakkan di dalam sepatu.

 

4 dari 4 halaman

Menjaga Sepatu agar Tetap Awet

Menjaga sepatu agar warna dan bentuknya tetap sama seperti baru merupakan tantangan bagi para pecinta sepatu. Sejatinya, sepatu termasuk barang yang sensitif jika tidak dirawat dan disimpan sebagaimana mestinya.

Salah satu penyebab berubahnya bentuk sepatu yang seringkali dilakukan kebanyakan orang adalah menjemur sepatu dibawah terik matahari. Pasalnya, hal tersebut menyebabkan lem pada sepatu rusak dan rentan lepas. Maka dari itu, setelah dicuci sepatu cukup diangin-anginkan saja dengan kipas angin ataupun hairdryer dengan suhu rendah.

Selain itu, sepatu perlu dibersihkan sebelum disimpan. Kalian juga perlu menyiapkan kotak khusus sepatu agar kelembapan terjaga. Isi bagian dalam sepatu dengan kertas atau pengganjal agar bentuk sepatu tetap sama seperti baru.

Simpan sepatu pada suhu ruangan dan hindari membungkus sepatu dengan plastik. Jika perlu, letakkan silica gel dalam kotak sepatu. Hal tersebut perlu dilakukan agar bentuk sepatu tetap cantik seperti baru dan terus awet.

Bagi kalian pecinta sneakers dan sepatu bertali hindari mencuci sepatu dengan detergen. Pasalnya, bahan yang terdapat di dalam detergen tidak cocok untuk bahan sepatu. Gunakan pembersih khusus sepatu agar tetap awet, bersih, dan terlihat baru.

Cucilah sepatu dengan sikat halus, bukan menggunakan sikat pakaian dan mesin cuci. Sikat sebagian sepatu yang kotor secara perlahan tanpa menggunakan detergen. Lepaslah tali sepatu ketika mencuci. Jangan menjemur di bawah sinar matahari.

Terakhir, gunakanlah lotion sepatu atau suede lotion agar sepatu kalian tetap terlihat prima.

Penulis Nurul Kusuma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini