Sukses

Mangkrak 'Hotel Ghost Palace' Malah Bikin Penasaran Wisatawan

Liputan6.com, Denpasar - Akibat persaingan yang ketat di sektor perhotelan, tak sedikit hotel di Bali ditinggalkan begitu saja karena tak laku dan gulung tikar. Lama mangkrak bahkan beberapa di antaranya mendapat sebutan 'hotel hantu'. Salah satu hotel mangkrak yang diyakini menjadi 'ghost palace' atau hotel hantu adalah Hotel PI di Bedugul.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Tjokorda Oka Artha Ardnaa Sukawati atau Cok Ace membenarkan adanya sebutan hotel hantu di Bali. Namun, meski memiliki julukan hotel horor atau hotel hantu, bukan berarti hotel-hotel tersebut dihuni hantu, melainkan hanya kalah persaingan atau proses pembangunannya terhenti lantaran beberapa faktor.

"Hotel kosong atau hotel yang mangkrak ada di Bali, tapi meski tak beroperasi lagi ukan berarti hotel tersebut ada hantunya," kata Cok Ace dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (29/7/2022).

Menurutnya, hotel yang mangkrak itu terkendala pembangunan yang tidak dilanjutkan mungkin terkendala biaya proyeknya dan mengalami kekalahan dalam persaingan dengan hotel lainnya yang lebih siap bersaing di tengah ramainya dunia perhotellan di Bali saat ini.

"Maraknya bintang 1, 2, 3, dan juga homestay menjadi saingan utama lantaran harganya mungkin yang lebih terjangkau. Jika bintang 4 dan 5 masih memiliki peminat 65 hingga 70 persen," ujar dia. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sejak 1997 Tak Beroperasi

Dalam penelusuran hotel-hotel yang diyakini berhantu, salah satunya adalah, Hotel PI Bedugul. Hotel mewah yang luas tersebut sudah puluhan tahun itu mangkrak dan diyakini oleh masyarakat sekitar menjaid hotel hantu atau hotel horor. Hotel tersebut dulunya milik anak Presiden Soeharto, yakni Tommy Soeharto dibanggun sekitar tahun 1997 dan pada tahun setelah reformasi hotel itu tak beroperasi lagi hingga saat ini.

Menurut masyarakat sekitar, hotel itu mendapat julukan Ghost Palace Hotel, lantaran tak sedikit cerita-cerita mistis beredar jika mereka melintas atau nekat memasuki area hotel yang dilarang dimasuki oleh masyarakat umum itu.

Pande, adalah salah satu masyarakat sekitar, dirinya bercerita beberapa tahun lalu ada cerita meninggalnya pekerja di hotel tersebut. Ia mengaku tak mengetahui pasti kapan terjadinya peristiwa itu lantaran ia hanya mendengar dari cerita sang kakek tentang cerita itu.

Suasana hotel yang sering ditutupi kabut itu semakin membuat kesan mistis pada hotel yang luas itu. Pande menyebut sang kakek pernah bercerita, banyak pengguna jalan atau masyarakat sekitar sering melihat penampakan, hingga suara-suara aneh jika menjelang dini hari. 

"Dulu pernah dengar cerita kakek, sering ada penampakan dan suara-suara aneh di sana (hotel PI Bedugul). Wisatawan malah seneng foto-fot di depan pagar hotel, katanya mereka penasaran," ujar Pande.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS