Sukses

Lakukan 6 Hal Ini Agar Rambut Rontok Berkurang, Salah Satunya Jangan Sering Keramas

Beberapa cara sederhana berikut juga bisa mengurangi permasalahan rambut rontok:

Liputan6.com, Yogyakarta - Terlepas dari usia, rambut rontok bisa dialami oleh semua orang. Dalam satu hari, normalnya akan ada sekitar 50-100 helai rambut yang rontok.

Namun, jika jumlahnya lebih dari itu dan berlangsung terus-menerus, kondisi kerontokan rambut sudah dianggap berlebihan dan perlu diwaspadai. Penyebab masalah rambut rontok ini cukup beragam, mulai dari stres, efek samping obat-obatan, hingga salah menggunakan produk.

Mengatasi rambut rontok bisa dilakukan secara medis atau dengan memanfaatkan bahan alami. Tak hanya itu, beberapa cara sederhana berikut juga bisa menjadi tips mengatasi rambut rontok:

1. Jangan terlalu sering keramas

Menjaga kebersihan rambut memang penting. Namun, terlalu sering membersihkan rambut dengan keramas justru akan merusak rambut.

Hal ini karena, produk shampo umumnya mengandung aneka jenis bahan kimia yang berdampak buruk bagi rambut jika terlalu sering digunakan. Cukup keramas 2-3 kali seminggu agar rambut tetap sehat dan bersih.

2. Hindari menyisir rambut saat masih basah

Rambut menjadi lebih rapuh ketika dalam keadaan basah. Sebaiknya, hindari menyisir ketika rambut masih dalam keadaan basah karena rambut akan mudah rontok.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Penggunaan Hair Dryer dan Catok

3. Kurangi penggunaan hair tools

Penggunaan hair dryer dan catokan untuk menata rambut perlu dihindari saat kondisi rambut masih rusak. Suhu yang cukup tinggi pada hair tools bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Sebaiknya biarkan rambut kering secara alami. Kemudian, tata rambut menggunakan tangan. 

4. Jangan mengikat rambut terlalu ketat

Perlakukan rambut secara lembut dan hati-hati. Menyisir terlalu kasar atau mengikat rambut terlalu ketat dapat membuat rambut menjadi mudah rontok.

Ketika rambut diikat terlalu kencang, maka akar rambut akan tertarik dan menyebabkan rambut menjadi mudah patah. 

5. Konsumsi makanan kaya asam lemak omega

Tak hanya dari luar, merawat rambut rontok juga harus dilakukan dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega.

Asam lemak omega dapat membantu sel-sel bekerja dengan optimal sehingga meningkatkan kekebalan. Secara tidak langsung, rambut juga menjadi lebih kuat dan bebas rontok. 

6. Gunakan produk khusus perawatan rambut rontok

Selain beberapa tips di atas, mengurangi rambut rontok juga membutuhkan perawatan khusus. Gunakan produk yang mengandung minoxidil yang berfungsi menyuburkan dan memperkuat rambut.

Namun,  jika rambut sudah sangat rontok, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.