Sukses

Jalur Padang-Solok Ditutup Akibat Longsor

Sejumlah daerah di Sumbar diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pagi.

Liputan6.com, Padang - Jalur lintas Padang-Solok dilanda bencana longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Senin (25/7/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Sutan Hendra mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 14.20 WIB tepatnya di Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan.

Akibat longsor itu, untuk sementara jalan Padang-Solok ditutup total, sebab material menghambat jalur lalu lintas.

"Petugas sudah di lapangan membersihkan material," kata Sutan, Senin (15/7/2022).

Ia menyebut longsor terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Sumbar sejak pagi.

"Ketinggian longsoran sekitar 1,5 meter," ujarnya.

Selain tertutupnya akses Padang-Solok dan sebaliknya, longsor juga menyebabkan tertimpanya satu unit mobil tangki pengangkut BBM.

"Kemacetan yang diakibatkan longsoran ini mencapai dua sampai tiga kilometer," kata Sutan.

Saat ini, pihaknya melakukan pembersihan material longsor dengan mempergunakan alat sekop dan juga alat berat dari PUPR.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hampir merata di wilayah Sumbar.

"Hujan diperkirakan masih berpotensi terjadi hingga pukul 18.00 WIB," kata Kepala Seksisi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha.

 

Simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.