Sukses

Cerita Puan Maharani Bertemu Sesepuh Ponpes Buntet Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Ketua DPR RI Puan Maharani menyempatkan diri berkunjung ke Ponpes Buntet Cirebon di sela kunjungan kerjanya ke Pantura Jawa Barat. 

Dalam pertemuan tersebut, Puan menegaskan, kunjungan itu bukan yang pertama. Kunjungan Puan Maharani seakan merajut kembali silaturahmi dua keluarga besar dari Buntet Pesantren dan Presiden Sukarno.

"Sebenarnya ini pertemuan keluarga ya antara Bung Karno dan abahnya Kiai Adib kemudian Ibu Megawati dan Pak Taufik Kiemas dengan Kiai Adib Rodiuddin Izza. Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan setelah lama tidak bertemu," ujar Puan di Ponpes Buntet Cirebon, Senin (4/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Puan mengaku membahas kondisi bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Termasuk, kasus Covid-19 yang kembali terlihat meningkat.

Puan mengaku tidak membahas secara spesifik terkait dirinya yang masuk sebagai kontestan pada Pilpres 2024 mendatang. 

"Pilpres dan Pileg masih lama yang penting silaturahmi dulu," ujar Puan.

Pada pertemuan itu, Puan menggelar doa bersama Kiai Adib. Doa bersama tersebut tentang keselamatan bangsa agar terwujud cita-cita bangsa.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Minta Didoakan

Selain itu, Puan mengaku mendapat doa dari Kiai Adib agar ikhtiarnya terwujud dan berjalan lancar. 

"Semoga cita-cita bangsa terwukid dan ikhtiar saya juga terwujud berjalan lancar," ujarnya.

Sesepuh Ponpes Buntet Cirebon Kiai Adib Rodiuddin Izza mengatakan, hubungan keluarga Buntet sudah terjalin baik sejak era Presiden Sukarno. 

Pertemuan tersebut menjadi momen untuk merajut kembali silaturahmi. Kiai Adib mengakui, kesibukan keluarga Puan Maharani ditambah pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab pertemuan ini baru bisa dilangsungkan.

"Kalau keluarga Buntet itu dari Mbah kami dulu dengan Pak Karno dekat, diteruskan oleh Bu Mega, Pak Guntur, Pak Taufik Kiemas diteruskan Mbak Puan. Kami membahas bangsa dan negara. Saya nitip ke beliau terus menjaga bangsa dan negara jaga ketentraman dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Kiai Adib mengaku belum ada pesan khusus yang dia sampaikan kepada Puan. Terutama rumor Puan maju sebagai kandidat Capres 2204.

"Saya berpesan agar bisa amanah melaksanakan tugas dengan baik nitip bangsa dan negara. Tidak bahas politik mungkin pertemuan berikutnya," dia manandaskan.