Sukses

Polsek Matuari Amankan Pelaku Penipuan yang Bawa Kabur Uang Rp50 Juta

MA diduga menipu seorang pria bernama Roy Pakaya (35), warga Kecamatan Girian, Kota Bitung, sekitar pertengahan Februari 2022 lalu.

Liputan6.com, Manado - Tim Resmob Polsek Matuari mengamankan seorang pria pelaku penipuan uang sebesar Rp50 juta, Minggu (19/6/2022) malam. Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast.

“Pelaku berinisial MA (43), warga Girian Bawah, Girian, Kota Bitung. MA di wilayah Girian, pada Minggu (19/6/2022), sekitar pukul 22.30 Wita,” ujar Abast.

MA diduga menipu seorang pria bernama Roy Pakaya (35), warga Kecamatan Girian, Kota Bitung, sekitar pertengahan Februari 2022 lalu.

Saat itu MA mendatangi Roy di Pasar Girian, Bitung, lalu meminjam uang sebesar Rp50 juta dan berjanji akan mengembalikannya dalam waktu satu minggu.

“Sebelumnya, antara pelaku dan Roy terjadi kesepakatan usaha jual beli beras. Sehingga Roy percaya, lalu memberikan pinjaman uang Rp50 juta kepada pelaku,” jelas Abast.

Namun hingga tiba waktu yang dijanjikan sejak awal bahkan sampai dengan Minggu (19/6/2022), ternyata pelaku tak kunjung mengembalikan uang tersebut kepada Roy.

“Pelaku juga tidak pernah menjawab telepon korban yang bermaksud menagih utang tersebut, dan juga selalu berupaya menghindar,” ujarnya.

Roy yang merasa tertipu kemudian melapor ke Polsek Matuari, pada Minggu (19/6), sekitar pukul 21.00 Wita.

Laporan direspons cepat Tim Resmob dengan melakukan penyelidikan hingga mengetahui keberadaan pelaku, kemudian menangkapnya tanpa perlawanan di salah satu tempat kost di Wangurer, Girian.

“Pelaku mengaku usaha jual beli beras tersebut bangkrut, sehingga tidak bisa mengembalikan pinjaman uang kepada Roy. Pelaku lalu diamankan di Mapolsek Matuari untuk diperiksa lebih lanjut,” kata Abast.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.