Sukses

Saat Adhi Makayasa Jadi Tukang Cat Dadakan Semarakan HUT Bhayangkara di Garut

Liputan6.com, Garut - Ada yang tak biasa dalam rangkaian penyambutan ke-76 HUT Bhayangkara 2022 tahun ini, saat Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, menjadi tukang cat dadakan dalam pengecetan musola milik warga di wilayah Garut Kota, Garut.

Mengenakan stelan pakaian resmi dinas, peraih penghargaan bintang Adhi Makayasa Polri 2003 dari pemerintah itu, tanpa sungkan mengawali pengecetan musola 'tua' Nurul Iman, kebanggaan warga sekitar yang diikuti anggota polres Garut lainya.

“Giat ini juga merupakan suatu gerakan sikap toleransi keragaman umat beragama,” ujar dia, di sela-sela giat Religi dan Baksos Polres Garut di Kampung Babakan Abid, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota,Senin (20/6/2022).

Menurutnya, sesuai intruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, toleransi dan saling menghargai menjadi hal penting yang menjadi perhatian kepolisian dalam menjaga keberagaman antar umat beragama.

Selama persiapan penyambutan HUT Bhayangkara 2022 berlangsung, puluhan masjid, dan beberapa gereja serta satu vihara, menjadi perhatian polres Garut untuk diperbaiki.

“Ada sekitar 84 tempat ibadah yang tersentuh pembersihan dan renovasi, diantaranya 76 mesjid dan mushola, 6 Gereja dan 2 Vihara,” papar dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jaga Toleransi Keberagaman

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam vicon pimpinan Polri dan Kapolda seluruh Indonesia, menyebutkan pentingnya menjaga sikap toleransi antar umat beragama.

“Bangsa kita itu sejak lama dikenal sebagai bangsa yang sangat toleran, namun kini sedikit terusik,” ujar dia mengingatkan.

Menjelang perayaan HUT Bhayangkara 2022 tahun ini, ada sekitar 11.833 tempat ibadah yang mendapatkan perbaikan dan renovasi kepolisian, di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami melaksanakan kerja bakti perbaikan dan hal lainnya yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia hari ini,” kata dia.

Khusus Garut, selain renovasi tempat ibadah, Polres Garut juga memberikan 1.000 paket bantuan sosial (bansos) yang disebar di seluruh wilayah hukum polres Garut.

"Masing masing Polsek sudah kami perintahkan untuk giat religi dan baksos di 33 Polsek se-kabupaten Garut,” kata dia.