Sukses

Solo Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games XI 2022

Solo akan menjadi tuan tumah gelaran Asean Para Games XI 2022 bulan Juli mendatang.

Liputan6.com, Solo - ASEAN Para Games (APG) XI 2022 akan digelar Juli 2022 mendatang di Solo. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jendral Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Rima Ferdianto, bahwa aturan penyelenggaran APG XI 2022 tahun 2022 tertulis dalam Perpres. Gelarannya sendiri akan berlangsung mulai 17 Juli 2022 mendatang.

"Informasi kabar gembira dari Kemenpora adalah, Perpres penyelenggaraan sudah ditetapkan menjadi Perpres," kata dia kepada awak media di Solo, Senin (20/6/2022).

Ia melanjutkan ajang APG XI 2022 yang digelar di Solo, nantinya juga akan didukung oleh 14 kementerian, hal itu untuk memberikan dukungan agara ASEAN Para Games bisa sukses digelar. Rima menambahkan dari lima bidang dan 24 sub bidang sudah mulai mengerjakan persiapan ajang itu.

"Dengan adanya perhatian kementrian maka bisa mensukseskan ajang APG XI 2022," katanya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Venue Pertandingan

Dirinya menyebut, konsen dari Asean Para Sports Federation (APSF) adalah masih terkait protokol kesehatan. Di mana ada peningkatan kasus Covid-19 INASPOC melakukan koordinasi dengan instansi terkait, khususnya Kementerian Kesehatan untuk ketentuan prokes di ajang itu.

"Apakah nantinya penggunaan sistem buble system, akses metode peduli lindungi tiap cabot atau pembatasan yang lain, kita mengikuti," ujar dia.

Semenetara itu, pihaknya ingin ajang tersebut sukses lantaran diikuti peserta dari 11 negara yang mendaftar, atlet yang mendaftar sebanyak 1283 orang. Menurutnya, angka tersebut berkurang karena bertepatan dengan Commonwealth Games di Bermingham, Inggris 2022.

"Singapura maupun Malaysia, membangi kontingennya sebagian besar di Bermingham, dan sebagian di Solo," ucapnya.

Di sisis lain banyak peserta yang sudah ingin menjajal venue pertandingan, namun masih ada beberapa venue dalam tahap renovasi oleh Kementerian PUPR, seperti Stadion Sriwedari, Solo. "Semoga standar international, lightingnya bagus, floornya bagus sesuai diingina tecnical delegate," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.