Sukses

Siap-Siap, Jadwal Pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 9-10 Juni 2022

Banyak orang menanti dengan harap-harap cemas pengumuman hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menanti dengan harap-harap cemas pengumuman hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Lalu kapan jadwal pasti pengumuman itu bakal dirilis?

Seperti diketahui, sebelumnya Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 sudah melewati proses Tes Kompetensi Dasar (TKD) hingga Core Values pada 19 sampai dengan 24 Mei 2022 lalu.

Kementerian BUMN sendiri telah membuka 2.700 lowongan kerja di lebih dari 50 BUMN. Pendaftaran pun telah dibuka sejak bulan April 2022 lalu.

Peserta yang mendaftarkan diri tentu harus mengikuti serangkaian seleksi yang sudah dibuat oleh panitia rekrutmen dan seleksi, dalam hal ini Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Setelah mengikuti tahap seleksi administrasi, peserta yang dinyatakan lolos kemudian mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) serta Core Values BUMN. Seleksi tersebut sudah berlangsung sejak 19-24 Mei 2022.

Menurut informasi terbaru yang dikutip dari Instagram FHCI, pengumuman hasil TKD dan Core Values BUMN bakal dirilis mulai besok, 9-10 Juni 2022.

"[HANYA DUA HARI LAG] Semangat pagi, #SobatFHCI! Sudah semakin dekat dengan pengumuman seleksi TKD dan Core Vaue BUMN! Tetap Optimis dan jangan lupa berdoa selalu, #SobatFHCI!" tulis akun Instagram @fhci.bumn, Selasa (7/6/2022).

Namun jangan senang dulu bagi yang lulus, seleksi tidak berhenti sampai tahap tersebut, para peserta harus melanjutkan seleksi ke tes selanjutnya.

Peserta yang lolos TKD nantinya bisa mengikuti seleksi tahap tiga atau Tes Kemampuan Bidang (TKB), wawancara, hingga Medical Check Up (MCU). Adapun ketentuan seleksi tersebut akan disesuaikan dengan masing-masing BUMN.

Untuk waktunya, tahap seleksi ketiga rencananya akan dilaksanakan pada 12 sampai dengan 25 Juni 2022.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas dan Gaji

Seperti dikutip dari situs PHCI, panitia akan mengumumkan secara final calon pegawai BUMN pada 4 Juli 2022 mendatang. Nantinya calon pegawai akan mengikuti bela negara yang dijadwalkan pada 11 Juli 2022 dan Inagurasi pada 18 Juli 2022.

Sebagai informasi, jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu bergantung pada keputusan panitia rekrutmen dan seleksi dari FHCI.

Lalu bagaimana nominal gaji pegawai BUMN yang diterima setiap bulannya, fasilitas yang didapat, hingga status kepegawaian? Terkait hal tersebut, tidak ada informasi secara rinci yang diberikan.

Akan tetapi, panitia rekrutmen menginformasikan bahwa gaji pegawai, fasilitas, hingga status kepegawaian dari calon pegawai BUMN mengikuti aturan perusahaan. Informasi tersebut akan disampaikan lebih lanjut pada saat proses offering atau tanda tangan kontrak.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menambah kembali kuota rekrutmen dengan skema magang. Ia meyakini kelak akan ada yang menempati posisinya sebagai pimpinan tertinggi kementeri BUMN.

Erick menambah sebanyak 2.300 kuota magang dari sebelumnya 2.700 kuota rekrutmen. Sehingga totalnya menjadi 5.000 kuota rekrutmen.

"Sebanyak 2.700 orang akan diterima, dan akan saya tambah menjadi 5.000 orang, melalui pembukaan magang bersertifikat sebanyak 2.300 orang," katanya mengutip Instagram @erickthohir, Kamis (19/5/2022).

"Saya yakin, adik-adik semua adalah calon Insan BUMN dan calon pemimpin BUMN. Bukan mustahil juga ada yang akan berdiri di sini, di posisi saya sebagai Menteri BUMN," imbuh Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.