Sukses

Cara ke Bandung Naik Kereta dari Jakarta atau Bogor, Cekidot!

Liputan6.com, Denpasar - Kereta kerap kali menjadi transportasi yang mengesankan saat melakukan perjalanan jauh. Selain tidak mengenal macet, bepergian dengan kereta bisa menikmati setiap momen perjalanannya.

“Di kereta lebih bersih daripada naik bus, lebih menikmati perjalanan juga, terus tenang aja bisa liat pemandangan apalagi duduk deket jendela,” kata Hofifah, salah satu penumpang kereta api kepada Liputan6.com, Selasa (24/5/2022).

Menikmati perjalanan dengan kereta juga dapat dirasakan saat pergi ke Bandung. Kini menuju Kota Kembang tak perlu lagi repot-repot memesan tiket bus dan ikut bermacet ria di tengah jalan.

PT Kereta Api Indonesia sudah menyediakan jalur kereta menuju Bandung, baik yang berangkat dari Jakarta maupun dari Bogor. Harganya pun relatif terjangkau dan dijamin tidak akan memeras kantong.

Jika berangkat dari Jakarta, langsung saja naik kereta rel listrik (KRL) menuju Stasiun Bogor. Tiketnya di bawah Rp10.000.

Setelah tiba di Stasiun Bogor, kamu jalan sekitar 200 meter menuju Stasiun Bogor Paledang. Kemudian naik KA Pangrango menuju Stasiun Sukabumi. Kalau mau murah, dapat memesan tiket kelas ekonomi Rp45.000. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Menyusuri Permukiman Menuju Sukabumi

Perjalanan dari Stasiun Bogor Paledang ke Stasiun Sukabumi akan ditempuh sekitar 2 jam. Selama perjalanan, kamu akan melihat permukiman di sisi rel, perkebunan, hingga persawahan.

Stasiun yang akan dilewati oleh KA Pangrango antara lain Stasiun Bogor Paledang, Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karang Tengah, Cisaat, dan terakhir Stasiun Sukabumi.

KA Pangrango dari Stasiun Bogor Paledang ke Stasiun Sukabumi  akan berangkat pada waktu-waktu tertentu yang sudah dijadwalkan, di antaranya pukul 08.30 WIB, 14.30 WIB, dan 20.00 WIB.

Setelah tiba di Stasiun Sukabumi, kamu ke loket pembelian tiket Stasiun Sukabumi-Cipatat. Harga tiket KA Siliwangi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan KA Pangrango yakni Rp5.000.

Sangat disarankan agar tiket KA Siliwangi untuk dipesan lebih dahulu melalui aplikasi. Sebab jika tidak, jangan harap bisa mendapat tempat duduk. Tapi kalau lagi beruntung, bisa saja dapat kursi meskipun beli tiketnya langsung.

3 dari 3 halaman

Membelah Perbukitan dengan Terowongan Lampegan

Perjalanan KA Siliwangi akan melewati Stasiun Gandasoli, Cireungas, Lampegan, Cibeber, Cianjur, Ciranjang, Cipeuyeum, dan terakhir Stasiun Cipatat. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi mulai dari pukul 05.45 WIB, 11.45 WIB,  dan 17.45 WIB.

Selama perlintasan KA Siliwangi, kamu akan disuguhi berbagai pemandangan indah dan mengesankan. KA Siliwangi akan membelah perbukitan dengan  terowongan Lampegan di Cianjur.

Setelah tiba di Stasiun Cipatat, Bandung Barat, kamu bisa naik angkutan umum menuju Stasiun Padalarang. Setelah itu, naik kereta lagi menuju Bandung. Kamu juga bisa langsung naik angkutan umum lagi dari Padalarang menuju Bandung.