Sukses

Menghitung Muatan Truk Pakai Alat Buatan Start Up AI Yogyakarta, Ini Keunggulannya

Liputan6.com, Yogyakarta - Start up artificial intelligence (AI) asal Yogyakarta Widya Robotics mengembangkan teknologi LiDAR untuk menghitung muatan truk. Alat bernama Widya Load Scanner ini bisa digunakan untuk volume material yang diangkut oleh forklift, truk, dump truck, dan lain sebagainya di lokasi tambang.

Jika dibandingkan dengan metode penghitungan secara manual, alat ini bisa membantu menghitung volume material lebih cepat, efisien, efektif, dan real time.

“Pekerja bisa langsung mengetahui volume material yang dipindai,” ujar Co-Founder dan CEO Widya Robotics Alwy Herfian S, dalam siaran persnya, Selasa (24/5/2022).

Widya Load Scanner menawarkan teknologi pengukur muatan truk dengan cara yang lebih praktis. Dengan menggunakan teknologi light radar, alat ini mampu memberikan akurasi yang tinggi dalam mengukur volume pada muatan truk dan hasilnya pun dapat langsung di monitor secara realtime pada dashboard oleh operator.

Menurut Alwy, dari banyaknya perusahaan yang ada, Widya Robotics berani menawarkan Widya Load Scanner dengan keunggulan lain yakni lebih murah ketimbang produk serupa dari perusahaan lain.

Produk sejenis dari luar negeri bisa mencapai Rp 1 miliar per unit, sementara Widya Robotics menawarkan produk Widya Load Scanner hanya Rp 450 juta per unit. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk ini pun sudah mencapai 70 persen.

PT PP (Persero) sebagai salah satu perusahaan yang telah menggunakan produk Widya Load scanner mengungkapkan kepuasannya dalam menggunakan Widya Load Scanner.

“Para pekerja jadi semakin mudah menghitung muatan truk,” ucap  Juniar Bakti Alkafianto, Senior Manager Head of Research and Innovation Department, PT PP (Persero), Tbk.

Ia pun mendukung start up AI Yogyakarta ini untuk terus berkreasi mengembangkan teknologi anak bangsa.

Saksikan video pilihan berikut ini: