Sukses

H+2 Lebaran, Lalu Lintas Menuju Objek Wisata Harau Padat Merayap

Diprediksi volume kendaraan bertambah 100 persen dibanding hari biasa.

Liputan6.com, Limapuluh Kota - Memasuki hari kedua setelah Lebaran 2022, objek wisata mulai dipadati pengunjung. Di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, salah satu lokasi yang menjadi pilihan yakni Lembah Harau.

Hari ini, Rabu (4/5/2022) jalur utama penghubung Pekanbaru-Kota Payakumbuh di Pasar Sarilamak Kabupaten Limapuluh Kota terpantau padat merayap. Jalur ini merupakan gerbang masuk menuju objek wisata Lembah Harau.

"Iya intensitas pengunjung Lembah Harau ini cukup tinggi," kata Kanit Gakkum Lantas Polres Kabupaten Limapuluh Kota Ipda Mon Rizal, Rabu (4/5/2022).

Ia menyebut banyaknya pemudik yang mengunjungi objek wisata menimbulkan kemacetan. Diprediksi volume kendaraan bertambah 100 persen dibanding hari biasa.

Menurutnya kondisi ini akan terus berlangsung hingga puncaknya, Sabtu dan Minggu. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kemacetan, petugas melakukan rekayasa lalu lintas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Rekaya lalu lintas yang dilakukan petugas, bagi yang arah dari lembah harau menuju Kota Payakumbuh akan diarahkan ke Simpang Ketinggian dan nanti akan keluar dari Taram lalu sampai di Kota Payakumbuh.

"Kami memang memfokuskan pengaturan lalu lintas di depan gerbang Lembah Harau. Karena objek wisata ini memang banyak dikejar oleh wisatawan lokal maupun yang dari luar daerah," ujarnya.

Lalu, petugas juga mendirikan posko darurat di depan gerbang objek wisata Lembah Harau yang dekat Pasar Sarilamak guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tenda darurat ini juga diperuntukkan para wisata ataupun pemudik yang kelelahan bisa beristirahat," ia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.