Sukses

Pertunjukan Seni di Solo Bisa Jadi Ajang Kebangkitan Ekonomi

Potensi petunjukan seni di Kota Solo berpotensi membawa ajang perubahan perekonomian Kota Bengawan, tak hanya itu dampak lainnya membuka usaha dan peluang kerja bagi masyarakat lainnya.

Liputan6.com, Solo Potensi pelaku ekonomi kreatif atau ekraf di Kota Solo jika terus dikembangkan subsektor pada seni pertunjukkan hal itu bisa memberikan dampak positif dalam kebangkitan ekonomi wilayah daerah tersebut sekaligus membuka peluang usaha dan kerja bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bengawan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Solo Menparekraf Sandiaga menghadiri acara Kelana Ramadhan, dengan tema 'Diskusi Terpumpun Dalam Rangka Pengembangan Sektor Ekonomi Kreatif di Kota Solo' di Canting Londo Kitchen, Solo, Jumat (29/4/2022).

Menurutnya, langkah-langkah pemulihan ekonomi tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata saja, namun sektor ekonomi kreatif pun bisa turut ambil bagian.

"97 persen lapangan kerja diciptakan oleh pelaku ekonomi kreatif (UMKM) yang menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia," Kata dia di Solo, Jumat (29/4/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung UMKM dengan Membeli Produknya

Dia berharap sektor-sektor ekonomi kreatif harus terus dibangkitkan, salah satunya dengan turut mengembangkan inovasi pada subsektor seni pertunjukan di Solo.

“Saya mendorong pelaku ekraf di Solo untuk bergandengan tangan berinovasi dan berkolaborasi dalam pengembangan produk ekonomi kreatif termasuk seni pertunjukan di Solo,” ujarnya.

Dirinya menyebut, Kota Bengawan menjadi kota kreatif yang mengedepankan subsektor seni pertunjukan sebagai unggulan. Sandiaga Uno menghadirkan kegiatan 'Kelana Ramadhan' sebagai ajang sosialisasi program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022.

“Kelana Ramadhan bisa hadir di Solo untuk membangkitkan ekonomi berbasis ekonomi kreatif yang bertujuan agar membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” ujar Sandiaga.

Dirinya memprediksi momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 H bisa memberikan dampak perekonomian pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif hingga Rp72 miliar rupiah. Maka, Sandiaga Uno berharap para pelaku ekonomi kreatif di Solo memanfaatkan momen tersebut.

"Pemudik juga harus menjadi Rojali (Rombongan Jadi Beli), jangan jadi Rohali (Rombongan Hanya Lihat-lihat) untuk mendukung para pelaku ekraf di Solo. Hal ini meningkatkan omzet mereka dengan kualitas lebih baik dan kebangkitan ekonomi dapat terwujud,” kata Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.