Sukses

Operasi Ketupat Toba 2022, Polisi-TNI dan Forkopimda Sumut Jamin Keamanan Idul Fitri

Apel gelar pasukan digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Kota Medan. Polda Sumut, Kodam I/BB, dan Pemprov Sumut, apal gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022.

Liputan6.com, Medan Apel gelar pasukan digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Kota Medan. Polda Sumut, Kodam I/BB, dan Pemprov Sumut, apal gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022.

Apel gelar pasukan dipimpin Sgubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kabinda Sumut, serta stakeholder lainnya.

Gubernur Edy, dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2022 ini, seluruh pihak baik Polisi, TNI, dan Forkopimda, berkomitmen dalam sinergiritas memberikan pelayanan kepada rakyat Sumut yang akan menjalankan mudik.

"Saya yakin, yang libur ini bukan hanya yang islam. Biasanya kita kalau sudah libur, semua menyesuaikan untuk pergeseran dalam rangka ketemu keluarga, sahabat, dan lain-lain," kata Edy, Jumat (22/4/2022).

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyebut, sebelum apel gelar pasukan, mereka telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral yang berlangsung di Mapolda Sumut beberapa hari lalu.

"Sudah saya sampaikan, kita sepakat dalam rapat koordinasi lintas sektoral, khususnya jalan-jalan yang masih dalam perbaikan, insyaallah H-3 sudah dalam keadaan perbaikan," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lakukan Patroli

Mengenai kerawanan menjelang perayaan Idul Fitri, Kapolda Panca juga menegaskan akan selalu rutin melakukan patroli, seperti melalui kegiatan rutin yang ditingkatkan.

"Kita akan melaksanakan kegiatan yang memastikan masyarakat selama menjelang perayaan Idul Fitri dalam keadaan aman, termasuk melaksanakan operasi penyakit masyarakat," ucapnya.

Diterangkan Panca, patroli dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya umat muslim saat merayakan Idul Fitri.

"Tidak usah khawatir untuk melakukan kegiatan dalam menghadapi Idul Fitri," tegasnya.

3 dari 4 halaman

10.376 Personel Gabungan

Dalam mengamankan mudik lebaran tahun 2022 ini, sebanyak 10.376 personel gabungan dari Polda Sumut, Kodam I/BB, serta stakeholder lainnya siap mengamankan mudik lebaran tahun ini.

Pada Selasa, 19 April 2022, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, dalam pengamanan mudik lebaran, Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

"Para personel yang disiagakan siap untuk mengamankan mudik lebaran di Sumut," katanya.

4 dari 4 halaman

Operasi Kemanusiaan

Kapolda Panca juga mengungkapkan, Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Kemanusiaan dengan mendidirikan 101 Pos Pengamanan, 35 Pos Pelayanan, dan 10 Pos Terpadu.

"Tujuan agar masyarakat Sumut yang merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah aman dan sehat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.