Sukses

Warga Binaan di Rutan Pekanbaru Ramai-Ramai Azan Sebelum Waktu Salat, Ada Apa?

Suasana tidak biasa nampak di masjid Al Hidayah Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru Kanwil Kemenkumham Riau. Samar-samar terdengar kumandang azan meski waktu belum menunjukkan saatnya Salat Zuhur.

Liputan6.com, Pekanbaru - Suasana tidak biasa nampak di masjid Al Hidayah Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru Kanwil Kemenkumham Riau. Samar-samar terdengar kumandang azan meski waktu belum menunjukkan saatnya Salat Zuhur.

Ternyata, di masjid Rutan di Jalan Sialangbungkuk itu tengah berlangsung lomba azan narapidana. Kegiatan keagamaan ini dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan dan semarak Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriyah.

Lomba ini diikuti puluh warga binaan. Mereka terlihat mengantre menunggu dipanggil panitia lomba. Tak hanya lantang, cengkok dan suara azan para narapidana (napi) tak kalah dengan para muazin yang biasa mengumandangkan azan di televisi maupun radio.

Kepala Rutan Pekanbaru M Lukman melalui Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Heri Aguswanto mengatakan, lomba diikuti oleh 60 orang warga binaan. Mereka berasal dari beragam kasus hukum, ada korupsi, narkotika, pembunuhan, pencurian, dan pidana umum lainnya.

Heri menjelaskan, lomba azan bertujuan membangkitkan nilai spiritual sekaligus memperbanyak ibadah dengan mengisi waktu luang, terlebih dalam bulan Ramadan. Tiap peserta diberi waktu sekitar lima menit untuk mengumandangkan azan.

"Ini menjadi pembuktian bahwa pembinaan yang terjadi selama ini mengalami perkembangan bagus, dan sebagai warga binaan, nilai-nilai spiritual tersebut menjadi bekal positif saat mereka bebas kelak," bebernya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Warga Binaan

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan, Nanda Adesaputra mengatakan, rangkaian lomba Hari Bhakti Pemasyarakatan telah dimulai dari awal April lalu.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan salah satunya Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (Porsenap). Lomba azan berlangsung selama tiga hari, pemenang juara akan mendapatkan Medali.

"Dan ternyata para warga binaan sangat antusias mengikuti lomba," ujar Nanda.

Salah satu warga binaan, Rizal mengaku semangat mengikuti kegiatan ini. Dia dapat menguji kemampuannya di depan puluhan peserta lain.

Selain lomba kumandang azan, digelar pula lomba ceramah dan tahfiz Alquran.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.