Sukses

Dukungan Bauran EBT dari Jateng untuk Perusahaan Nasional

Perusahaan nasional perlahan tapi pasti mulai menerapkan energi baru terbarukan (EBT).

Liputan6.com, Yogyakarta - Perusahaan nasional perlahan tapi pasti mulai menerapkan energi baru terbarukan (EBT). Salah satunya, produsen matras terkenal, PT Duta Abadi Primantara (DAP).

Perusahaan manufaktur spring bed terkenal ini mendapat kepercayaan dari PT PT Tripower Solar Nusantara (PT TSN) sebagai perusahaan EPC (Engineering-Procurement-Construction) untuk menggelar Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di pabrik matras PT DAP dengan daya lebih dari 600 Kwh.

Menurut CEO PT Tripower Solar Nusantara, Tedi Wintoko, PLTS Atap yang dibangun di pabrik matras ternama ini akan menggunakan total kapasitas terpasang sebesar 646 kWP yang untuk efesiensi penggunaan energi yang berasal dari fosil, serta mewujudkan industri ramah lingkungan dengan mengurangi karbondioksida yang dihasilkan dari penggunaan energi listrik.

Perusahaan EPC asal Semarang ini juga sedang membangun PLTS Atap di institusi pemerintah di Jawa Tengah (Jateng), beberapa pabrik sekitar Yogyakarta, Solo, serta kawasan Industri di pesisir utara Jawa hingga Bali.

“Kami ingin turut mendukung  pemerintah Indonesia untuk mencapai target 23 persen bauran EBT pada 2025, juga membantu pelaku industri untuk segera transisi ke green energy dan clean energy,” ujar Tedi saat penandatanganan kontrak kerjasama pembangunan PLTS Atap dengan PT DAP, dalam siaran persnya, Rabu (6/4/2022).

Ia mengungkapkan, PT DAP tidak salah mempercayakan kepada PT Tripower Solar Nusantara sebagai mitra kerja untuk mendampingi pemakaian EBT untuk perusahaan yang telah berusia lebih dari 30 tahun dengan reputasi kelas dunia. Terlebih, PT Tripower Solar Nusantara juga sudah mengatongi komitmen pembangunan PLTS Atap lebih dari 100 MW di berbagai lokasi pada 2022.

Sejumlah pihak telah menjadi mitra strategis PT Tripower Solar Nusantara pada tahun ini, seperti, Kampus ATMI Solo (Akademi Tehnik Mesin Indonesia) yang menjadi mitra kerja untuk riset, pengembangan dan instalasi PLTS Atap.

Sementara, untuk kerja sama dengan perbankan dalam pembiayaan dan investasi melalui Green Fund, PT Tripower Solar Nusantara telah menggandeng Investor Crypto, melalui Token Hijau yang akan diresmikan pada tahun ini juga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.