Sukses

Khusyuk, Suasana Salat Tarawih Perdana di Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung menggelar salat tarawih berjemaah pada Sabtu(2/4/2022).

Liputan6.com, Bandung - Masjid Raya Bandung menggelar salat tarawih berjemaah pada Sabtu (2/4/2022). Memasuki Ramadan 1443 Hijriah ini, salat tarawih memenuhi hampir setengah ruangan dalam masjid.

Dengan ratusan jemaah, jumlah tersebut masih jauh dari total kapasitas Masjid Raya Bandung yang bisa menampung hingga 15 ribu jemaah. Namun, suasana tetap terlihat khusyuk.

Dua tahun sebelumnya, Masjid Raya Bandung terpaksa tak menggelar salat tarawih berjemaah akibat pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Bandung KH Hasyim Ashari mengatakan, kini ibadah salat Tarawih sudah memungkinkan untuk kembali digelar. Namun para jemaah harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat. 

"Kita terapkan ketat protokol kesehatannya. Ada beberapa prosedur. Ini sebagai ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan," ucapnya.

Sejak waktu salat isya, pada jemaah mulai memasuki masjid. Para jemaah diminta untuk menggunakan masker selagi berada di dalam masjid.

Tak hanya itu, para jemaah juga diminta untuk membawa sajadah masing-masing karena pihak Masjid Raya Bandung tidak memakai karpet untuk salat.

Menurut Hasyim, pihaknya tak menggunakan karpet karena lantai lebih mudah untuk dibersihkan. Meski begitu, ia pun memastikan jemaah juga bisa salat beralaskan lantai.

"Kalau tidak pakai sajadah juga Insya Allah lantai kita sudah bersih," ujarnya.

Pada Ramadhan 1443 Hijriah ini, Masjid Raya Bandung juga menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya buka bersama, ceramah subuh, serta kegiatan lainnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bandung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.