Sukses

Dampak Gempa Sukabumi, 5 Rumah hingga Sarana Ibadah Rusak

Sebanyak lima unit rumah dilaporkan rusak setelah gempa bumi bermagnitudo 5,3 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (16/3/2022).

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak lima unit rumah dilaporkan rusak setelah gempa bumi bermagnitudo 5,3 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu (16/3/2022) pukul 10.00 WIB. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, kerusakan tersebut terjadi di beberapa wilayah di Jabar.

"Total dampak, dua unit rumah rusak sedang dan tiga unit rumah rusak ringan," ucap Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Hadi Rahmat, Rabu (16/3/2022).

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, selain kerusakan rumah, gempa juga berdampak terhadap satu unit sarana pendidikan dan satu unit sarana ibadah. "Tidak ada korban jiwa," katanya.

Wilayah terdampak gempa yaitu di Kota Sukabumi tepatnya di Kecamatan Lembursitu, Kelurahan Cipanengah di mana satu unit rumah rusak ringan. Selain itu, satu rumah rusak ringan di Kecamatan Warudoyong, Kelurahan Sukakarya.

Satu unit rumah rusak sedang juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Tegalbuleud, Desa Nangela, Kabupaten Sukabumi. Sementara, di Desa Pangalengan, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung satu unit rumah rusak sedang.

Di Kabupaten Cianjur, dilaporkan masing-masing satu unit rumah rusak ringan, satu unit sarana pendidikan rusak ringan, dan satu unit sarana ibadah rusak ringan.

Hadi menuturkan, BPBD kota dan kabupaten yang merasakan gempa hingga saat ini masih melakukan kaji cepat di lokasi masing-masing daerah. "Serta memberi imbauan kepada pemilik rumah dan warga untuk tetap waspada," ujarnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.