Sukses

Berbahaya, Lubang-Lubang Maut di Jalan Menuju Gerbang Ibu Kota Nusantara

Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat menjadi salah satu akses jalan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)

Liputan6.com, Balikpapan - Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat menjadi salah satu akses jalan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Namun sangat di sayangkan sebagian akses jalannya mengalami kerusakan yang cukup parah. Lubang-lubang besar menganga di tengah jalan yang sangat membahayakan bagi pengguna jalan khususnya pengendara roda dua.

Ada lebih 10 titik jalan rusak yang dapat dijumpai hingga depan pelabuhan Feri Kariangau. Tak sedikit pula pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan lantaran hilang keseimbangan saat melintasi jalan berlubang tersebut.

Tak hanya itu tak sedikit pula kendaraan muatan harus mengalami kerusakan seperti patah as roda saat melintasi jalan berlubang tersebut.

Salah satu warga RT 16 Kelurahan Kariangau, M Nur mengatakan, kondisi jalan berlubang semakin parah saat turun hujan dan malam hari. Selain minim penerangan, jalan yang digenangi air juga membuat pengendara mengalami kecelakaan saat melintas.

“Kebanyakan kejadian (kecelakaan) malam sering pengendara terjatuh, apalagi kalau hujan turun dan menggenangi lubang jalan. Lubang besar tergenang air menyebabkan pengendara hilang keseimbangan sampai terjatuh pula,” ujar M Nur kepada media ini, Kamis (10/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kawasan Industri Kariangau

Kariangau yang merupakan kawasan industri ini membuat mobilitas di jalan utama tersebut terbilang tinggi. Apalagi, jalan utama ini satu-satunya akses menuju PPU menggunakan kapal feri. Tak ayal ribuan kendaraan melintas setiap harinya.

Salah satu ketua RT di Kariangau mengatakan banyak mendapat keluhan dari warganya terkait jalan rusak tersebut dia berharap, pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerja Umum (PU) Provinsi Kaltim dapat segera turun tangan melakukan perbaikan jalan tersebut.

“Inikan jalan provinsi, jalan lintas Kaltim-Kalsel, apalagi ini gerbang menuju IKN seharusnya pihak PU Provinsi segera mengambil langkah-langkah lah. Saya selalu dapat laporan hampir setiap malam terjadi kecelakaan akibat jalan berlubang ini, masa nunggu ada korban jiwa baru bergerak atau nunggu Presiden lewat sini baru mau di perbaiki,” ungkap Ketua RT 14 Kariangau, Apri.

 

3 dari 3 halaman

Warga Swadaya Perbaiki Jalan

Dia menambahkan, perbaikan secara swadaya kerap dilakukan warga dan perusahaan yang ada di wilayah tersebut. Namun, karena tingginya aktivitas kendaraan tambalan lubang berupa batu tetap saja tidak mampu menahan beban kendaraan yang melintas.

“Beberapa kali sudah dilakukan baik warga maupun perusahaan tapi paling bertahan satu dua hari dalam lagi lubangnya. Tolong lah diprioritaskan, masa kawasan industri jalannya kaya jalan kampung,” geramnya.

Warga berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan tersebut agar tidak sampai menimbulkan korban jiwa akibat kecelakaan yang dialami pengendara saat melintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.